Mudik Lebaran 2024 : Jalur Alternatif Mudik ke Jawa Selain Lewat Tol

Mudik Lebaran 2024 : Jalur Alternatif Mudik ke Jawa Selain Lewat Tol

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:00
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mudik lebaran 2024 tidak mesti lewat tol Trans-Jawa, sebab sejumlah jalan alternatif bisa menjadi pilihan.

Menempuh jalur alternatif ini dengan menggunakan mobil pribadi akan memberikan pengalaman berbeda yang menarik.

Berikut jalur-jalur alternatif tersebut:

1. Jalur Pantai Utara (Pantura)

Jalur Pantura merupakan jalur klasik mudik ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk menghindari kemacetan di Pantura, pemudik bisa memilih jalur alternatif menuju Desa Krasak, Jatibarang, Indramayu.

Setelah itu, arahkan ke jalan Syekh Quro, Buahaseum, lalu tembus di Blanakan untuk masuk ke pasar Sukamandi, Pantura. Jalur Pantura menawarkan banyak lokasi wisata alam dan kuliner di sepanjang perjalanan, serta banyak pilihan tempat beristirahat.

Melalui jalur alternatif Pantura, biaya perjalanan cenderung lebih murah daripada melalui tol Trans-Jawa.

2. Jalur Pantai Selatan (Pansela)

Selain jalur Pantura, pemudik juga bisa memilih jalur Pansela untuk mudik ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Jalur Pansela terbentang dari Banten hingga Jawa Timur.

Untuk menghindari kemacetan di jalur Selatan, pemudik dapat mengambil jalan alternatif melalui Kadungora, Leles, Sarkanjut, dan Bayuresmi, hingga mencapai Jalan Sudirman Sukadana-Cilawi.

Meskipun kondisi jalanan jalur Pansela relatif lebih baik dan lancar dibandingkan jalur Pantura, fasilitas pendukung seperti pom bensin besar dan bengkel masih jarang ditemukan di sepanjang jalur ini. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com Tangguh Yudha Ramadhan dengan judul "Selain Lewat Tol, Ini Jalur Alternatif Mudik ke Jawa".

Topik Menarik