PIMBI dan UMKM Hebohkan Generasi Muda Bandung dengan Menggelar Pelatihan Dasar Bagi Barista

PIMBI dan UMKM Hebohkan Generasi Muda Bandung dengan Menggelar Pelatihan Dasar Bagi Barista

Gaya Hidup | cimahi.inews.id | Rabu, 27 Maret 2024 - 22:20
share

BANDUNG, iNewsCimahi.id - PT. Ghania Mahardika sejahtera yang bekerja sama dengan IKAPI Jabar, ZTH Pandawa Community, Kopi Kabuyutan, Forum UMKM Mahardika dan Pengusaha Industri Maju Bersama Indonesia (PIMBI) menggelar event pelatihan barist, di Gedung IKAPI Jabar Lantai 2 yang berlokasi di Jalan Ibu Inggit Garnasih No. 30c.

Event pelatihan barista yang berbareungan juga dengan Bazzar buku IKAPI Jabar ini di hadiri lebih dari 20 peserta pilihan dari beberapa komunitas UMKM di Kota Bandung.

Ketua Penyelenggara Event Pelatihan Ari Atiningrummengatakan bahwa pelatihan barista ini memang sengaja dibuat untuk para generasi muda pecinta kopi yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan kopi Nusantara, antusias dari para peserta pelatihan ini masih kata Ari , yang juga sebagai Founder dari Forum UMKM Mahardika sangat luar biasa bahkan para peserta meminta agar pelatihan ini bisa diselenggarakan juga dibeberapa kota seperti Bogor, Solo dan beberapa kota lainnya.

"Mungkin setelah hari Raya Idul Fitri akan dibuatkan juga pelatihan Batch yang kedua, dalam kesempatan dialog dengan penulis di tempat acara," ujar Ari.

Selain itu, Rohman yang juga sebagai pembina Organisasi PIMBI sebuah organisasi NIR LABA yang konsisten memberikan pembinaan terhadap para pelaku Indutri Kecil dan Menengah di Kota Bandung menambahkan acara event pelatihan ini memang seharusnya sering dibuat agar memotivasi para pelaku UMKM dan penggiat Kopi khususnya di kota Bandung dan diharapkan teman-teman pelaku UMKM bisa membuat juga event Gelar Produk sebagai salah satu sarana promosi bagi para pelaku UMKM di Kota Bandung.

Rohaman mengatakan bahwa hasil dari pelatihan Barista sudah diminati oleh beberapa negara khususnya Jedah. Bahkan pada Maret 2024 ini diminta untuk memberangkatkan 20 orang Barista Perempuan dan pada bulan April 2024 diminta 20 Barista pria, kebutuhan seorang Barista profesional ini menjadi alasan mengapa pelunya pelatihan secara khusus, Trainer yang terlihat cool dan humble ini juga berharap bahwa para peserta pelatihan tidak berhenti untuk bisa belajar dari dirinya.

Sementara itu, para pelaku Industri Kecil dan Menengah Rohman mengatakan akan terus mensuport apapun kegiatan positif organisasi agar para pelaku UMKM memiliki daya saing dan sejajar dengan produk luar negeri.

"Saya berharap para pelaku Usaha UMKM untuk terus mengembangkan bisnis sehingga lahir menjadi Pengusaha sukses yang dapat membangun perekonomian di Kota Bandung dipaparkan oleh salah satu ASN di pemerintahan Kota Bandung," imbuhnya.

SH Trainer pelatihan Coach Deny Wantoro mengatakan bahwa peserta pelatihan yang mayoritas anak muda kreatif bandung ini sangat aktif dalam bertanya ketika pelatihan. Hal ini menandakan bahwa Barista menjadi salah satu ajang profesi bagi kawula muda untuk menunjukan kompetensi dalam menghadapi tantangan dunia kerja, bahkan trainer yang juga sebagai founder kopi kabuyutan.

Pelatihan yang dimulai pada pukul 09.30 dan berakhir bertepatan dengan azhan magrib ini langsung disambut sorak ceria para peserta karena memang bertepatan dengan buka puasa di bulan Ramadhan ini, para peserta mengatakan sambil ngabuburit nggak kerasa waktu sudah berlalu begitu cepat dan ilmu yang diberikan trainer ini sangat luar biasa dan bermanfaat.

Hal ini menarik pihak Bank Mega, Maria Manager Bank Mega yang ditemuin di tempat acara mengatakan bahwa Bank Mega akan memfasilitasi permodalan para peserta yang mau mengembangkan usahanya dengan fasilitas permodalan, bahkan Maria mengatakan bahwa proses pencairan ini bisa di proses tidak lebih dari satu hari serta berharap para peserta pelatihan bisa memanfaatkan fasilitas ini. di Tulis Oleh Kang Ifey, Penggiat Media Bandung serta founder ZTH Pandawa Community'.

Topik Menarik