5 Tips Persiapan Open House Lebaran, Kamu Wajib Tahu!

5 Tips Persiapan Open House Lebaran, Kamu Wajib Tahu!

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 27 Maret 2024 - 15:29
share

JAKARTA - Lebaran memang menjadi momentum spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain merayakan kemenangan usai berpuasa selama satu bulan lamanya, lebaran juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi. Tak heran, banyak orang mengadakan open house lebaran untuk menyambut para saudara dan kerabat.

Sebelum para tamu berdatangan di Hari Raya Idulfitri nanti, ada baiknya kamu melakukan persiapan open house lebaran terlebih dahulu. Hal ini tentunya agar acara bersilaturahmi menjadi semakin seru dan tersiapkan secara maksimal. Sebab meski hanya di rumah, lebaran bisa menjadi semakin spesial jika bersama orang-orang tersayang.

Oleh karena itu, berikut ini ulasan lengkap mengenai 5 tips persiapan open house lebaran yang wajib kamu ketahui agar silaturahmi menjadi semakin erat dan tetap hangat.

1.Pastikan Rumah dalam Kondisi Prima

Sebelum menggelar open house lebaran, pastikan rumahmu dalam kondisi yang prima. Cek kondisi rumah apabila terdapat atap yang bocor, tembok atau keramik lantai yang retak, ataupun kerusakan lainnya. Selain itu pastikan pula pasokan listrik dan air dalam kondisi yang aman.

Jangan lupa pula untuk membersihkan rumah, sehingga tamu yang datang merasa nyaman. Pastikan dalam kondisi bersih hingga ke sudut-sudut rumah, terutama ruang tamu yang umumnya digunakan untuk menyambut tamu. Kamu dapat menggunakan vacuum cleaner agar proses membersihkan rumah menjadi lebih maksimal dan tidak terlalu melelahkan.

2.Sajikan Makanan Khas Lebaran dalam Jumlah Besar

Hari Raya Idulfitri tentu kurang lengkap dengan sajian makanan khas lebaran yang biasanya tersaji di atas meja. Mulai dari beragam jenis kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, dan lain-lain, hingga makanan berat seperti ketupat, opor ayam, rendang, empal, serta lauk pauk lainnya.

Membayangkannya saja sudah membuat perut terasa lapar, bukan? Namun begitu, pastikan kamu mempersiapkan makanan khas lebaran sesuai dengan banyaknya dengan tamu yang akan datang pada saat open house lebaran nanti, ya.

3.Persiapkan Alat Makan yang Cukup

Selain porsi makanan yang harus disesuaikan jumlahnya, alat makan pun juga tak luput dari perhatian. Persiapkan jumlah salat makan yang sesuai dengan banyaknya tamu nanti. Hal ini agar mereka tak kekurangan alat makan saat ingin menyantap masakan lezat yang telah kamu sajikan saat open house.

4. Tentukan Spot Ruangan untuk Berkumpul

Tips persiapan open house lebaran lainnya adalah menentukan spot ruangan untuk berkumpul. Kamu dapat memilih ruangan yang memiliki spot cukup luas di rumah, atau yang letaknya mudah untuk dijangkau. Misalnya saja ruang tamu, halaman belakang hingga teras rumah.

Hal ini perlu dipertimbangkan, terlebih jika jumlah tamu yang akan datang terbilang banyak. Pastikan pula aliran udara lancar dan cukup ketika rumah dalam kondisi ramai. Kamu juga dapat menggunakan pendingin ruangan ataupun kipas angin dinding untuk menambah kesejukan di rumah.

5.Sediakan Peralatan Penunjang yang Diperlukan

Apabila tamu yang datang ke rumah jumlahnya cukup banyak, kamu bisa menyediakan berbagai peralatan penunjang yang sekiranya diperlukan. Seperti halnya karpet, kursi, meja, ataupun yang berfungsi sebagai saranan hiburan seperti televisi, speaker aktif hingga mikrofon. Alat-alat ini tentu dapat membantu menambah kenyamanan tamu saat berkunjung ke rumahmu.

Nah, itulah dia 5 tips persiapan open house lebaran yang wajib kamu ketahui. Perlu diingat bahwa tidak semua barang harus tersedia, kamu bisa kembali menyesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya tamu yang akan datang ke rumah. Namun, beberapa barang tersebut dapat kamu peroleh dengan mudah dengan berbelanja online di Tokopedia.

Selain lebih praktis, Tokopedia juga meghadirkan berbagai promo spesial, lho! Dapatkan promo pengguna baru, kurir instan, bebas ongkir, hingga cicilan 0 persen. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja kebutuhan open house lebaran hanya di Tokopedia!

Topik Menarik