Apakah Suntik KB Saat Puasa Batal Atau Tidak, Simak Penjelasannya

Apakah Suntik KB Saat Puasa Batal Atau Tidak, Simak Penjelasannya

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 23 Maret 2024 - 21:50
share

JAKARTA, iNews.id - Apakah suntik KB saat puasa batal atau tidak jadi hal yang sering ditanyakan akhir-akhir ini. Ramadhan jadi momen yang paling dinantikan umat Muslim di seluruh dunia.

Di bulan Ramadhan, setiap Muslim yang tidak memiliki udzur diwajibkan untuk melaksanakan puasa.

Tak hanya itu, penting bagi umat Muslim untuk menjaga diri dari segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.


Terlepas dari semua itu, tak sedikit umat Muslim yang mempertanyakan perihal beberapa aktivitas yang dapat tergolong sebagai pembatal puasa. Salah satunya adalah suntik KB.

Lalu, apakah suntik KB saat puasa batal atau tidak? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/3/2024).

Apakah Suntik KB Saat Puasa Batal Atau Tidak?

Suntik KB merupakan jenis kontrasepsi hormonal yang berfungsi untuk menunda kehamilan ataupun mencegah terjadinya kehamilan yang tak direncanakan.

Di Indonesia sendiri, suntik KB dilakukan setiap satu bulan sekali dan ada pula yang tiga bulan sekali.

Seperti suntik pada umumnya, suntik KB dilakukan dengan memasukkan cairan ke dalam tubuh pasien melalui perantara jarum.

Secara teknisnya, proses suntik KB dilakukan dengan cara menyuntikkan hormon progestin ke dalam beberapa bagian tubuh. Seperti area paha, bawah perut, pundak, dan lengan bagian atas.


Menurut laman Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), terdapat beberapa alat kontrasepsi yang tidak membatalkan puasa. Seperti kondom, implant, IUD, dan suntik KB.


Adapun, suntikan tidak membatalkan puasa seseorang. Dengan catatan, zat atau cairan yang terdapat pada suntikan tidak mengandung asupan makanan. Dalam hal ini, suntik KB mengandung hormon progestin, suatu zat yang tidak membatalkan puasa.

Alat kontrasepsi yang bisa membatalkan puasa hanyalah pil KB. Sebab, pil ini hanya bisa dikonsumsi dengan cara meminumnya. Sebagaimana diketahui, puasa bisa jadi batal jika memasukkan sesuatu barang melalui mulut.

Hal senada juga diungkapkan oleh laman NU Online. Pada laman menyebut jika memasukkan obat dengan bermediakan obat suntik. baik ke dalam otot ataupun pembuluh darah tidak membatalkan puasa.

Demikian ulasan mengenai apakah suntik KB saat puasa batal atau tidak. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik