9 Negara di Dunia yang Tidak Mempunyai Masjid, Ada yang Harus ke Luar Negeri untuk Beribadah

9 Negara di Dunia yang Tidak Mempunyai Masjid, Ada yang Harus ke Luar Negeri untuk Beribadah

Gaya Hidup | pandeglang.inews.id | Sabtu, 23 Maret 2024 - 21:30
share

PANDEGLANG , iNewsPandeglang . id - Masjid tidak hanya merupakan tempat ibadah bagi umat Islam, tetapi juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang penting dalam pembangunan peradaban di setiap negara. Namun ada beberapa negara tidak memiliki masjid di wilayahnya, bahkan umat muslim harus pergi ke luar negeri agar dapat beribadah di masjid.

Meskipun beberapa negara ini tidak memiliki masjid karena mayoritas penduduknya non-Muslim atau karena keterbatasan wilayah, penting untuk diingat bahwa penghormatan terhadap keberagaman agama dan kebijakan pemerintah juga memainkan peran dalam hal ini.

Nah, Berikut ini 9 negara di dunia yang tidak mempunyai masjid di wilayahnya kami rangkum dari berbagai sumber di antaranya:

1. Monako
Monako merupakan salah satu negara yang tidak memiliki satu pun masjid di wilayahnya. Dengan mayoritas penduduk yang menganut agama Katolik Roma, Monako memang tidak memiliki fasilitas untuk umat Muslim beribadah di dalam wilayahnya.

Namun, negara ini menghormati kebebasan beragama dan memungkinkan umat agama lain untuk beribadah di tempat-tempat mereka sendiri. Bagi umat Muslim yang ingin beribadah di masjid, mereka harus pergi ke negara tetangga, Prancis, yang memiliki fasilitas ibadah Islam.

2. Uruguay
Uruguay adalah negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya. Sebagai negara di Amerika Selatan, Uruguay memang tidak memiliki populasi Muslim yang signifikan. Meskipun demikian, untuk memenuhi kebutuhan umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah, kedutaan Mesir di Uruguay menyediakan tempat salat atau musala di dalam kedutaannya.

3. Sao Tome and Prncipe
Sao Tome and Principe, negara kepulauan di Samudra Atlantik yang terletak di lepas pantai barat Afrika, dekat khatulistiwa. Dengan mayoritas penduduknya menganut agama Kristen, mencapai 95 persen, negara ini tidak memiliki masjid di wilayahnya.

Sebagai hasil dari sejarah kolonialnya dengan Portugal, bahasa resmi yang digunakan di Sao Tome and Principe adalah Portugis. Dengan demikian, bagi umat Islam yang mungkin berada di negara ini, mereka tidak akan menemukan masjid untuk melaksanakan ibadah.

4. Vatikan
Vatikan merupakan negara terkecil di dunia dan tidak memiliki masjid di dalam wilayahnya. Dengan mayoritas penduduknya yang adalah umat Katolik Roma, Vatikan merupakan pusat kehidupan keagamaan Katolik dan tujuan ziarah bagi jutaan umat Katolik dari seluruh dunia. Meskipun memiliki luas wilayah yang sangat kecil dan tidak adanya masjid, Vatikan memainkan peran penting dalam kehidupan keagamaan global. Bagi umat Islam yang ingin pergi ke masjid, mereka harus meninggalkan Vatikan dan pergi ke negara tetangga terdekat, yaitu Italia.

5. Slovakia
Slovakia adalah negara di Eropa Tengah yang tidak memiliki bangunan masjid sama sekali di wilayahnya. Negara ini dikenal memiliki hukum yang sangat ketat terkait agama Islam, bahkan memiliki undang-undang yang membuat Islam tidak diakui sebagai salah satu agama resmi negara.

Hal ini mengakibatkan tidak adanya masjid di Slovakia dan sulitnya praktik agama Islam bagi umat Muslim yang tinggal di negara tersebut.

6. San Marino
San Marino adalah salah satu negara terkecil di dunia yang tidak memiliki masjid di wilayahnya. Terletak di dalam wilayah Italia, San Marino dikelilingi oleh provinsi-provinsi seperti Rimini, Emilia-Romagna, dan Pesaro dan Urbino.

Meskipun memiliki sejarah panjang sebagai republik tertua yang masih hidup, San Marino tidak memiliki masjid atau musala kecil di wilayahnya. Ini menunjukkan bahwa praktik agama Islam mungkin tidak banyak dilakukan di negara ini.

7. Estonia
Estonia adalah salah satu negara di Eropa dengan populasi Muslim yang sangat kecil. Sebagai hasilnya, tidak ada masjid yang berdiri di negara ini. Umumnya, umat Muslim di Estonia biasanya mengunjungi Pusat Kebudayaan Islam Turath di ibu kota, Tallinn, untuk melaksanakan ibadah salat berjamaah dan memenuhi kebutuhan keagamaan mereka.

8. Islandia
Islandia adalah negara di Eropa Utara yang mayoritas penduduknya menganut agama Kristen Protestan. Meskipun ada beberapa komunitas Muslim kecil di Islandia, negara ini tidak memiliki masjid di wilayahnya. Umat Muslim di Islandia biasanya melakukan ibadah di rumah atau tempat-tempat yang disewa untuk keperluan ibadah. Dengan demikian, Islandia juga masuk dalam daftar negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya.

9. Andorra
Andorra adalah negara kecil yang terletak di Pegunungan Pyrenees antara Prancis dan Spanyol. Dengan luas wilayah sekitar 468 kilometer persegi, Andorra merupakan salah satu negara terkecil di Eropa. Mayoritas penduduknya menganut agama Katolik Roma. Meskipun ada sejumlah kecil umat Muslim yang tinggal di Andorra, negara ini tidak memiliki masjid di wilayahnya.

Sebagian besar umat Muslim di Andorra melaksanakan ibadah di rumah atau dalam kelompok kecil, karena tidak tersedianya fasilitas ibadah yang resmi. Dengan demikian, Andorra juga termasuk dalam daftar negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya.

Itulah ulasan terkait sembilan negara tanpa masjid. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik