Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke-10 Ramadhan, Dapat Rezeki di Dunia dan Akhirat

Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke-10 Ramadhan, Dapat Rezeki di Dunia dan Akhirat

Gaya Hidup | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 11:35
share

JAKARTA, iNews.id - Keutamaan sholat tarawih malam ke-10 Ramadhan akan diulas kali ini. Ramadhan merupakan momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Di bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Perintah puasa tercantum dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 183,

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Selain itu, salah satu amalan yang tak boleh ditinggalkan di bulan suci ini adalah sholat tarawih. Sholat ini jadi bentuk ibadah yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan.

Artinya: Rasulullah SAW menganjurkan agar mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan, akan tetapi tidak mewajibkannya. Beliau bersabda: Siapa yang mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Hadits Shahih, riwayat Bukhari: 36 dan Muslim: 1267. teks hadis riwayat al-Bukhari).

Sholat tarawih merupakan sholat sunnah muakkad yang biasa dikerjakan setelah sholat Isya di bulan Ramadhan. Jumlah rakaatnya pun bervariasi, yakni 8 dan 20 rakaat diakhiri dengan sholat witir 3 rakaat.

Ibadah sholat tarawih ternyata memiliki banyak keutamaan. Tak terkecuali di malam ke-10 Ramadhan.

Lantas, apa keutamaan sholat tarawih malam ke-10 Ramadhan? Berikut iNews.id akan tampilkan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2024).

Keutamaan Sholat Tarawih Malam Ke-10 Ramadhan

Menurut hadits tentang pahala sholat tarawih tiap malamnya yang bersumber dari KItab Durratun-Nasihin, karya ulama Syaikh al-Khaubawiyyi. Terdapat keutamaan sholat tarawih di malam ke-10 Ramadhan.

Disebutkan keutamaan sholat tarawih malam ke-10 Ramadhan yakni mendapatkan pahala seperti rezeki di dunia dan akhirat.

Pada malam ke-10 ini, kepada orang yang melaksanakan tarawih Allah akan memberi rizki yang lebih baik di dunia maupun akhirat.

Di malam ke-10 Ramadhan ini, orang yang melaksanakan tarawih, Allah Subhanahu Wata'ala akan memberi rizki yang lebih baik di dunia maupun akhirat.

Itulah ulasan mengenai keutamaan sholat tarawih malam ke-10 Ramadhan. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik