Resep Sambal Ganja Belimbing Wuluh, Ide Masakan Saat Buka Puasa

Resep Sambal Ganja Belimbing Wuluh, Ide Masakan Saat Buka Puasa

Gaya Hidup | medan.inews.id | Rabu, 20 Maret 2024 - 09:20
share

JAKARTA, iNews.id - Jika kalian masih bingung mau masak apa untuk menu sahur ataupun berbuka puasa, artikel ini cocok untuk kamu simak. Karena pada artikel ini akan membahas resep sambal ganja belimbing wuluh yang akan menambah selera makan kamu saat berbuka ataupun sahur.

Tapi jangan salah, walaupun sambal ini diberi nama sambal ganja bukan berarti terdapat daun ganja pada komposisi bahan bakunya. Sambal ganja memiliki warna cokelat kehijauan, karena terbuat dari campuran beberapa rempah dan belimbing serta udang.

Konon, nama 'ganja' disematkan karena sambal ini memiliki rasa yang membuat siapa saja ketagihan. Namun, sambal ini sama sekali tidak menggunakan daun ganja atau bahan terlarang lainnya.

Perlu diketahui, sambal ganja merupakan sambal khas Aceh yang terbuat dari udang, belimbing wuluh, cabai, bawang merah, daun jeruk, dan serai. Sambal ini memiliki rasa pedas, asam, dan gurih yang menggugah selera. Sambal ganja biasanya disantap sebagai lauk atau sambal nasi.

Untuk membuat sambal ganja, Anda perlu mengulek bahan-bahan tersebut sampai halus dan tercampur rata. Anda juga bisa menggoreng udang terlebih dahulu agar lebih renyah. Ada banyak resep sambal ganja yang bisa Anda coba di rumah. Penasaran ingin tahu cara membuatnya? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (16/2/2024).

Resep Sambal Ganja Belimbing Wuluh

Bahan:

1/4 kg udang
10 belimbing wuluh
10 cabai rawit mercon
5 siung bawang merah
1 batang sereh
3 lembar daun jeruk
3 SDM minyak kelapa atau jika tidak ada bisa pakai minyak biasa

Cara Membuat:

1. Kupas udang, garami sedikit dan goreng hingga matang. Iris bawang, sereh, daun jeruk dan cabai.
2. Campurkan udang ke dalam irisan bahan-bahan. Uleg semua bahan termasuk udang. Sesuaikan tingkat kehalusan dengan selera saja. Tambahkan minyak goreng panas. Tambahkan garam dan sedikit gula sesuai selera.

Itulah seputar resep sambal ganja belimbing wuluh yang enak bikin ketagihan. Selamat mencoba!

Topik Menarik