Usai Keguguran, Kiky Saputri Angkat Satu Ovarium Karena Kista Membesar

Usai Keguguran, Kiky Saputri Angkat Satu Ovarium Karena Kista Membesar

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Selasa, 19 Maret 2024 - 16:10
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Komika Kiky Saputri menjalani pengangkatan ovarium usai kista yang berada pada dinding rahimnya membesar setelah menjalani kuret pada janinnya.

Diketahui, Kiky mengalami keguguran saat usia kandungannya berusia 2,5 bulan, penyebab keguguran Kiky berasal dari kista sebesar 3,8 cm yang menempel pada dinding rahimnya.

Kiky mengungkapkan, awalnya ia merasakan sakit perut yang berkali-kali lipat dari biasanya. Awalnya ia mengira sakit perut yang dia rasakan itu premenstruasi.

"Tanggal 6 Maret aku mengalami sakit di bawah perut yang luar biasa. Aku pikir, 'Oh, mungkin ini akan hari pertama mau haid'. Tapi, ternyata nggak haid. 10 kali lipat lebih sakit," kata Kiky Saputri dalam video yang diunggah pada Senin (18/3/2024).

Lalu keesokan harinya ia bergegas pergi ke rumah sakit. Setelah diperiksa Kiky menyebut hal itu disebabkan oleh kista yang bersarang di dalam tubuhnya membesar.

"Kamis pagi aku langsung ke rumah sakit dan dicek. Ternyata kistaku sudah semakin besar. Membesar sekitar 5,1-5,2 cm," lanjutnya.

Kiky melanjutkan, dokter akhirnya memutuskan untuk mengangkat kista itu karena berpotensi membahayakan rahim Kiky. Lalu Kiky diberi tahu suaminya, Muhammad Khairi bahwa ovarium kiri istrinya sudah diangkat karena sudah terjadi peradangan.

"Ternyata ovarium kiri Kiky itu sudah diselimuti oleh kistanya. Jadi, ini kista itu sudah menggerogoti ovarium sebelah kiri Kiky dan dokter bilang ini harus diangkat karena sudah terjadi peradangan di situ," jelas Khairi.

Khairi juga menambahkan, jika kista itu itu tidak segera diangkat, maka akan berpotensi menyebar ke usus, hingga ovarium kanan dan bisa membahayakan nyawa Kiky.

"Makanya dokter waktu itu bilang, 'Ini sudah opsi terakhir dari kita'. Ya, mau nggak mau ovarium kiri kamu itu harus diangkat. Dan ternyata ovarium kiri itu tempat waktu itu kamu hamil ya," sambung suami Kiky itu.

Topik Menarik