Tetap Lembap dan Sehat, Ini 4 Tips Cegah Bibir Kering saat Puasa

Tetap Lembap dan Sehat, Ini 4 Tips Cegah Bibir Kering saat Puasa

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 21:04
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kurangnya asupan cairan dalam tubuh saat berpuasa dapat menyebabkan bibir kering. Secara umum, bibir kering dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti cuaca panas atau dingin, sensitivitas terhadap makanan tertentu, dan dehidrasi karena sedang puasa.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips mencegah bibir kering saat puasa.

1. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin dan Mineral

Ada beberapa jenis kandungan nutrisi pada beberapa jenis makanan dapat membantu melawan masalah bibir kering. misalnya, ikan, unggas, dan golongan kacang-kacangan yang mengandung Vitamin B dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat paparan sinar matahari

2. Perbanyak Minum Air Putih saat Sahur dan Berbuka

Penyebab utama bibir kering adalah dehidrasi atau kurang cairan. Cara mengatasinya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin.

Pada umumnya Jumlah asupan air putih adalah minimal 8 gelas dalam sehari. Namun, kamu juga bisa memperoleh asupan cairan tubuh dari buah-buahan yang tinggi kadar air.

3. Gunakan Lip Balm

Mengatasi bibir kering yang selanjutnya adalah menggunakan lip balm. Lip balm tak hanya digunakan oleh wanita. Pria juga bisa memakainya untuk menjaga kelembaban bibir saat puasa.

Kamu bisa memilih lip balm yang mengandung SPF, untuk mencegah bibir kering akibat paparan sinar matahari.

4. Eksfoliasi bibir

Cara mencegah bibir kering saat puasa yang terakhir yaitu eksfoliasi bibir. Kamu bisa mengeksfoliasi bibir menggunakan lip scrub dari merk tertentu atau membuatnya dirumah dengan mencampurkan madu, minyak kelapa, dan gula pasir dengan perbandingan yang sama.

Setelah itu, oleskan dan gosokkan campuran tersebut secara lembut ke seluruh bibir Anda hingga bibir terasa lembut.

Topik Menarik