Doa Menjelang Ramadhan, Amalkan untuk Menyambut Bulan Penuh Berkah!

Doa Menjelang Ramadhan, Amalkan untuk Menyambut Bulan Penuh Berkah!

Gaya Hidup | inews | Minggu, 3 Maret 2024 - 00:30
share

JAKARTA, iNews.id - Doa menjelang Ramadhan berikut dapat dipanjatkan untuk menyambut bulan suci.

Sebagaimana yang telah diketahui, bulan Ramadhan 1445 H akan jatuh pada 11 Maret 2024 menurut Muhammadiyah.

Di balik persiapan penyambutannya, ada satu amalan penting yang tak boleh diabaikan, yakni memanjatkan doa.

Doa menjelang Ramadhan merupakan wujud kerinduan dan harapan hamba untuk dipertemukan dengan bulan suci penuh kemuliaan ini dan agar diberi ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat sebelumnya.

Lebih dari sekadar itu, doa menjelang Ramadhan dapat menjadi refleksi diri, memohon limpahan rahmat dan kekuatan untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Di bulan penuh ampunan ini, doa menjadi kunci untuk membuka pintu keberkahan dan meraih pahala berlipat ganda.

Adapun doa menjelang Ramadhan, yang dilansir iNews.id dari laman NU Online, Sabtu (2/3/2024), adalah sebagai berikut.

Doa Menjelang Ramadhan

1. Doa pergantian bulan


للَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ


Allahu Akbar. Allahumma ahillahu 'alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, wat-taufiiqi Limaa tuhbbu wa tardho, Robunaa wa Robbukallahu.


Artinya: Allah Maha Besar, Ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah. (HR Ahmad 888, Ad-Darimi 1729)

2. Doa memohon rahmat Allah

Doa ini merupakan doa yang dibaca oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam menyambut Ramadhan. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut.


اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِمَّنْ قَبِلْتَ صِيَامَهُمْ وَصَلاَتَهُمْ وَبَدَّلْتَ سَيِّئاَتِهِ بِحَسَنَاتِهِ. وَاَدْخَلْتَهُ بِرَحْمَتِكَ فِى جَنَّاتِكَ. وَرَفَعْتَ دَرَجَاتِهِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الراَّحِمِيْنَ


Allahummaj 'Allanaa Mimman Qobilta Shiyamahum wa Sholaatahum wa Baddalta Sayyiaatihi bihasanati wa Adkholtahu Birahmatika Fii Jannatika, Wa Ro Fa'ta darojaatihi Birahmatika Ya Arhamar Raahimiin.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang Engkau terima puasa dan sholatnya, yang Engkau ganti kejelekannya dengan kebaikan, yang Engkau masukkan ke dalam surga-Mu dengan rahmat-Mu, dan yang Engkau angkat derajatnya dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih. (Kitab Al-Ghunyah li Tholibi Thoriq Al-Haq)

3. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW

Terdapat sebuah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa tersebut ada dalam hadits yang diriwayatkan Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H). 


 أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا


Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan.

Artinya: Ya Allah, sampaikan aku menuju bulan Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan). 


4. Doa meminta ampun atas dosa-dosa

Saat bulan Ramadhan, Aisyah bertanya pada Rasulullah mengenai doa yang bisa diucapkan. Adapun doa tersebut adalah sebagai berikut.


اللهمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي.  


Aahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî.


Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai maaf, maka maafkanlah diriku.


Demikian beberapa doa menjelang Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik