Lokatmala Foundation Boyong Mamaos Cianjuran Menggema di Gedung Merdeka Bandung

Lokatmala Foundation Boyong Mamaos Cianjuran Menggema di Gedung Merdeka Bandung

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 9 September 2023 - 17:04
share

BANDUNG, iNews.id - Mamaos atau tembang Sunda Cianjuran menggema di Gedung Merdeka Bandung, Sabtu (9/9/2023). Suasana di Gedung Merdeka mendadak magis dan penuh spirit.

Beberapa tembang Sunda mendayu memecah keheningan penonton yang tampak menikmati syair dan instrumen yang dibawakan beberapa penembang dan pemetik kecapi mamaos Sunda Cianjuran diboyong Lokatmala Foundation mengisi pembukaan Anugerah Ikon Prestasi Pancasila dan Insan Pancasila 2023 yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Alhamdulilah tim kami dipercaya mengisi pembukaan agenda nasional bergengsi ini. Insya Allah tembang Sunda Cianjuran akan semakin digandrungi oleh siapa pun termasuk oleh mereka yang tidak mengerti bahasa Sunda, kata Ketua Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia atau Lokatmala Foundation Wina Rezky Agustina seusai perhelatan yang dihadiri sejumlah tokoh nasional dan akademisi itu.

Wina yang juga Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Suryakancana itu menyatakan, mamaos Cianjuran memiki karakter khas dan penuh pesan moral luar biasa dalam lirik-liriknya.

Kami di Lokatmala kini sedang menggarap proyek agar beberapa syair tembang Cianjuran bisa dialihbahasakan ke berbagai bahasa di dunia, kata Lokatmala Foundation.

Harapan kami Mamaos Cianjuran bisa juga dinikmati masyarakat lain di seluruh dunia. Sebab itu pengalihbahasaan lirik-liriknya senantiasa menjadi perhatian kami, ujar Wina Rezky Agustina.

Topik Menarik