Patung Buddha Tiongkok Langka Ini Bakal Dilelang, Nilainya Ditaksir Rp16 Miliar

Patung Buddha Tiongkok Langka Ini Bakal Dilelang, Nilainya Ditaksir Rp16 Miliar

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 21:16
share

PARIS, iNews.id - Sebuah patung Buddha Tiongkok yang langka, ditemukan di sebuah rumah keluarga Prancis, dengan sebagian dari rangkaiannya diperkirakan telah hilang. Barang antik itu bakal dilelang pada Selasa (13/6/2023) nanti di Paris, dengan taksiran harga mencapai 1 juta euro (Rp16 miliar).

Menurut Balai Lelang Bonhams, potongan tersebut adalah patung kayu yang sangat langka, sebuah karya religius yang menggambarkan Buddha Bodhisattva Guanyin yang dibuat antara abad ke-12 hingga ke-13 di bawah Dinasti Jin.

Tinggi patung itu lebih dari satu meter. Karya itu terakhir dijual pada 1930-an kepada sebuah keluarga di Boulogne, kota pinggiran yang terletak di dekat Paris. Keluarga pemilik patung itu tidak ingin disebutkan identitasnya.

Reuters melansir, patung besar itu pada awalnya dibuat untuk kuil Buddha. Kepala Bidang Seni China di Balai Lelang Bonham, Caroline Schulten mengatakan, keluarga pemilik tidak mengetahui nilai patung itu sampai mereka meneleponnya untuk memberikan penilaian.

Patung itu diwariskan dalam keluarga ke generasi sekarang, dan ia telah ditempatkan di rumah pribadi, katanya.

Menurut Schulten, patung tersebut telah kehilangan jari di satu tangannya. Pada saat dijual terakhir kali pada 1932, jari-jari tersebut masih ada. Penyebab cacatnya tangan patung itu dikatakan berasal dari aktivitas anak-anak yang bermain bola di sekitarnya.

Balai Lelang Bonhams mengatakan, kemungkinan hanya ada sedikit sekali barang seperti itu yang tersisa di dunia. Sebagian di antaranya kini berada di museum.

Topik Menarik