Kenali Peradangan Kulit yang Sering Dialami Bayi dan Pencegahannya!

Kenali Peradangan Kulit yang Sering Dialami Bayi dan Pencegahannya!

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 23:55
share

JAKARTA, iNews.id - Gangguan pada kulit bayi memang sangat meresahkan orang tua. Peradangan kulit ini kerap disebut sebagai ruam popok yang pada umumnya tidak berbahaya, namun dapat mengganggu kenyamanan bayi.

Untuk membantu mengatasi permasalahan ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah gangguan kulit bayi.

Namun sebelumnya, perlu diketahui, ruam popok adalah peradangan pada kulit bayi di area yang tertutup popok dan umumnya terjadi pada bokong. Kulit yang mengalami ruam ini akan tampak kemerahan. Penyakit kulit pada bayi ini biasanya terjadi akibat reaksi kulit setelah terus menerus bersentuhan dengan urine dan tinja.

Ruam popok merupakan salah satu dari penyakit kulit yang paling umum dialami oleh bayi. Setidaknya, sekali selama penggunaan popok, kata dr. Ackni Hartati, SpA, MKes, dokter spesialis anak di RS Permata Bekasi melalui keterangannya belum lama ini.

dr Ackni menambahkan, salah satu penyebab dermatitis popok adalah karena daya serap popok yang rendah dan tidak diganti secara berkala, sehingga menyebabkan kebocoran dan menggumpal.

Akibatnya, kulit sensitif bayi terkontaminasi terlalu lama dengan cairan dalam popok sehingga meningkatkan pH kulit lokal, terutama pada area popok si Kecil. Selain mengganti popok secara berkala, dermatitis popok dapat dicegah dengan menggunakan popok daya serap tinggi, ujarnya.

Jason Lee, CEO Makuku mengatakan, popok dengan daya serap yang tinggi merupakan salah satu standar popok yang berkualitas. Pada lapisan inti, kata dia, dibutuhkan bahan absorben yang dapat menampung cairan dengan jumlah yang banyak, serta lapisan luar yang kedap air.

Keunggulan SAP Diapers terdapat pada bagian inti struktur SAP Core Technology. Makuku diciptakan dengan penyerapan maksimal dan merata dari inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) sehingga tidak menyebabkan osmosis balik atau kebocoran pada popok serta antigumpal, katanya.

Dengan keunggulan ini, kulit bayi akan terhindar dari kontak yang terlalu lama dengan urin yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit, sehingga menekan risiko ruam popok.

Jason menuturkan, selama dua tahun di Indonesia, Makuku telah melakukan edukasi tentang masalah ruam popok melalui banyak program dengan berbagai platform. Ini, kata dia, bentuk komitmen untuk mendampingi para ibu di Indonesia.

Hasilnya, melalui survei sebelum dan setelah pelaksanaan campaign, Makuku menjadi popok pilihan para Ibu. Dari 400 responden, Makuku unggul dengan jumlah persentase 37,5 persen.

Topik Menarik