Surat Al Kahfi Ayat 1-10: Arab-Latin dan Artinya di Hari Jumat, Lengkap Dalilnya

Surat Al Kahfi Ayat 1-10: Arab-Latin dan Artinya di Hari Jumat, Lengkap Dalilnya

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 06:04
share

JAKARTA, iNews.id - Membaca Surat Al Kahfi ayat 1-10 merupakan salah satu amalan di hari Jumat yang dianjurkan bagi umat Islam.

Anjuran tersebut disebutkan dalam beberapa hadits Nabi SAW. Selain berpahala, membaca permulaaan Surat Al Kahfi juga memiliki keutamaan.

Dalil membaca Surat Al Kahfi di 10 ayat pertama yakni hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Darda bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

: .

Artinya: Dari Abu Darda, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Barang siapa yang membaca 10 ayat terakhir dari surat Al-Kahfi, terpeliharalah ia dari fitnah Dajjal. (HR. Imam Muslim).

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

:

Artinya: Dari Abu Darda mengatakan bahwa Nabi Saw telah bersabda: Barang siapa yang hafal 10 ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, dipelihara dari fitnah Dajjal. (HR Imam Bukhari dan Muslim).

Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang berarti para penghuni goa. Surat ini mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa zalim dan kafir.

Surat Al Kahfi Ayat 1-10

1.

Arab-Latin: Alhamdulillahilladzii annzala \'alaa \'abdihil kitaaba walam yaj\'al lahuu \'iwajaa

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al-Kitab (al-Quran) dan dia tidak mengadakan kebengkokan didalamnya.

2.

Arab-Latin: Qayyimal liyundziralladzii ba\'san syadiidan milladunhu wayubasyssyriralladziina ya\'maluunash shoolihaati anna lahum ajran hasanaa

Artinya: Sebagai bimbingan yang lurus,untuk memperingatkan akan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan membawa berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik.

3.

Arab-Latin: Maa kitsiina fiihi abadaa

Artinya: Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

4.

Arab-Latin: Wa yunndziralladziina qooluttakhodallahu waladaa

Artinya: Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata:Allah mengambil seorang anak.

5.

Arab-Latin: Maa lahumbihii min \'ilmin walaa li aabaaihim kaburat kalimatan takhruju min afwaa hihim iyyaquuluuna illaa kadzibaa

Artinya: Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.

6.

Arab-Latin: Fala\'allaka baakhi\'unnafsika \'alaa aatsaarihim inlam yu minuu bihaadzal hadiitsi asafaa

Artinya: Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (al-Quran).

7.

Arab-Latin: Innaa ja\'alnaa maa \'alalardhi ziinatal lahaa linabluwahum ayyuhum ahsanu \'amalaa

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang terbaik perbuatannya.

8.

Arab-Latin: Wa innaa lajaa\'iluuna maa \'alaihaa sha\'iidann juruzaa

Artinya: Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang diatasnya menjadi tanah rata lagi tandus.

9.

Arab-Latin: Am hasibta anna ash haabal kahfi warroqiimi kaanuu min aayaatinaa \'ajabaa

Artinya: Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan?

10.

Arab-Lattin: Idz awalfityatu ilalkahfi faqooluu rabbanaa aatinaa minladunka rahmatan wahayyi lanaa min amrina rasyadaa.

Artinya: (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa:Wahai Rabb kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Itulah bacaan Surat Al Kahfi ayat 1-10 untuk dibaca di hari Jumat lengkap dengan dalilnya.

Topik Menarik