Kisah Mihailo Toloto, Biarawan Berusia 82 Tahun yang Meninggal Tanpa Pernah Melihat Wanita

Kisah Mihailo Toloto, Biarawan Berusia 82 Tahun yang Meninggal Tanpa Pernah Melihat Wanita

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 19:16
share

MIHAILO Toloto adalah seorang biarawan Yunani yang menghabiskan seluruh 82 tahun hidupnya di Biara Gunung Athos tanpa pernah melihat seorang wanita yang sebenarnya.

Lahir pada 1856, Mihailo Toloto menghadapi kesulitan sejak ia datang ke dunia. Ibunya meninggal hanya empat jam setelah kelahirannya, dan tanpa ayah yang mengklaimnya sebagai milik mereka, dia ditinggalkan di tangga sebuah biara yang terletak di Gunung Athos, pusat monastisisme Ortodoks.

Biarawan Gunung Athos membawa masuk, menerimanya dan biara menjadi rumah permanennya. Dibesarkan dan dididik di dalam biara bertembok, Mihailo menjadi biarawan dan dilaporkan tidak pernah berkelana dari gunung sampai kematiannya, pada 1938. Dan karena wanita tidak diizinkan menginjakkan kaki di Gunung Athos, Miahilo Toloto meninggal tanpa pernah melihat seorang wanita pun.

Meski Mihailo Toloto, bukan satu-satunya orang yang belum pernah melihat wanita seumur hidupnya, misalnya orang yang lahir buta tidak pernah melihat apa-apa, tetapi ceritanya adalah cerita khusus bahwa dia tidak pernah berhubungan dengan seorang wanita. Biarawan itu menghabiskan seluruh hidupnya di antara sesama biarawan dan kadang-kadang pengunjung pria.

Setelah kematiannya, sesama biarawan Mihailo menyelenggarakan pemakaman khusus untuknya, percaya bahwa dia adalah satu-satunya pria di dunia yang meninggal tanpa pernah melihat, menyentuh, atau berinteraksi dengan seorang wanita. Menurut sebuah artikel surat kabar lama, biarawan Yunani itu juga belum pernah melihat mobil atau pesawat terbang, meskipun hal itu tidak aneh mengingat usia dan tempat tinggalnya, demikian dilansir dari Oddity Central .

Menariknya, Mihailo Toloto mungkin memang pernah melakukan kontak dengan seorang wanita dalam dua kesempatan terpisah, meski ia tidak mengetahuinya. Pada 1920-an, filsuf dan penulis Prancis Maryse Choisy menyamar sebagai seorang pelaut untuk mendapatkan akses ke Gunung Athos, dan pada 1930-an, Aliki Diplarakou, wanita Yunani pertama yang dinobatkan sebagai Miss Europe, juga menggunakan penyamaran untuk menyusup ke tempat suci. Gunung ortodoks itu terlarang bagi wanita.

Mihailo mungkin telah melakukan kontak dengan salah satu atau kedua penyelundup wanita, meskipun kemungkinan besar dia tidak pernah menyadarinya karena penyamaran mereka. Atau, dia mungkin meninggal tanpa pernah benar-benar melihat wanita yang sebenarnya.

Topik Menarik