Polusi Lagi Jelek-jeleknya, Ini 7 Cara Bersihkan Paru-paru Secara Alami

Polusi Lagi Jelek-jeleknya, Ini 7 Cara Bersihkan Paru-paru Secara Alami

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 23:28
share

AKURAT.CO Beberapa hari terakhir, kondisi udara di wilayah Jakarta dan sekitarnya terpantau tidak sehat yang bisa berakibat buruk pada paru-paru. Kuaitas udara di wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, dan sekitarnya hampir selalu berada level \'tidak sehat\', ditandai juga dengan langit yang tampak kotor dan keruh.

Polusi udara tentu bukan sebuah masalah yang dapat diremehkan. Nyatanya, polusi udara bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan, termasuk salah satunya pada kesehatan paru-paru.

Dikutip dari laman Orgaisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan terhadap polusi udara yang tinggi bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai gangguan paru-paru, seperti infeksi saluran pernapasan dan kanker paru-paru.

Pada dasarnya, tidak ada cara yang spesifik untuk bisa membersihkan paru-paru, selain dengan berhenti merokok, menghindari paparan solusi yang berlebih, dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, termasuk mengubah pola makan dan berolahraga. Karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi pil atau obat-obatan yang mengklaim bisa membersihkan paru-paru tanpa mengonsultasikannya pada ahli.

Namun begitu, bukan berarti paru-paru yang kotor tidak bisa \'dibersihkan\' sama sekali. Ada beberapa cara alami untuk membantu membersihkannya.

Berikut adalah 7 cara untuk membantu membersihkan paru-paru secara alami.

7 cara membersihkan paru-paru secara alami

1. Terapi uap (steam)

Terapi uap atau teknik menghirup uap air bisa membantu membersihkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir sehingga memudahkannya untuk dikeluarkan dari tubu.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa menghirup uap air bisa membantu meringankan gejala sakit tenggorokan dan mengencerkan lendir yang menggumpak setelah berada pada lingkungan penuh posisi.

2. Batuk terkontrol

Batuk adalah cara paling natural bagi paru-paru bisa mengeluarkan racun atau kotoran yang terperangkap dalam lendir. Batuk yang terkontrol ( controlled cough ) bisa membantu mengencerkan sisa-sisa lendir pada paru-paru dan mengirimnya ke saluran pernapasan untuk kemudian dikeluarkan.

Berikut adalah tahap-tahap teknik batuk untuk membersihkan lendir dari paru-paru.

3. Postural drainage

Teknik postural drainage adalah memposisikan tubuh dengan berbaring di berbagai posisi, seperti menyamping, tengkurap, juga berbaring lurus, dan memanfaatkan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Teknik ini dinilai bisa meningkatkan kualitas pernapasan dan membantu mengatasi infeksi paru-paru.

Teknik postural drainage dapat dilakukan dengan beberapa posisi, seperti:

Berbaring:

Miring:

Tengkurap:

4. Olahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara fisik dan mental, tetapi juga bisa menurunkan risiko terhadap berbagai jenis penyakit, termasuk menjaga paru-paru tetap sehat.

Olahraga \'memaksa\' otot-otot tubuh untuk bekerja lebih keras sehingga meningkatkan pernapasan yang artinya juga akan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Hal ini akan mendorong sirkulasi tubuh, membuat tubuh lebih efisien dalam mengeluarkan sisa-sisa karbon dioksida yang diproduksi tubuh kala berolahraga.

5. Teh hijau

Teh hijau dapat membantu meringankan peradangan pada paru-paru karena mengandung antioksidan. Selain itu, komponen ini juga dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek buruk setelah menghirup asap.

6. Mengonsumsi makanan antiperadangan

Peradangan di tubuh dapat menggangu pernapasan dan membuat dada terasa berat atau tersumbat. Selain teh hijau, ada sejumlah makanan lainnya yang bisa meredakan peradangan dalam tubuh, antara lain:

7. Perkusi dada

Selain teknik postural drainage, chest percussion atau fisioterapi dada juga bisa dilakukan untuk membantu membersihkan paru-paru dari sisa lendir yang membandel. Teknik ini dilakukan oleh ahli dengan menepuk bagian dada untuk mengeluarkan sisa-sisa lendir yang terperangkap.

Topik Menarik