Anas Minta SBY Tak Bicara 'Chaos' Soal Kemungkinan Pemilu Tertutup: Tidak Elok, Bikin Gaduh

Anas Minta SBY Tak Bicara 'Chaos' Soal Kemungkinan Pemilu Tertutup: Tidak Elok, Bikin Gaduh

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 13:23
share

AKURAT.CO Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum tidak sependapat dengan pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait kekhawatirannya bakal terjadi \'chaos\' bila sistem pemilu terbuka diubah menjadi tertutup.

Anas meminta SBY untuk tidak bicara \'chaos\' karena akan menimbulkan kegaduhan publik jelang Pemilu 2024.

"Lebih baik Pak SBY tidak bicara chaos terkait dengan pergantian sistem pemilu di tengah jalan. Tidak elok bikin kecemasan dan kegaduhan," kata Anas dikutip melalui akun Twitternya @anasurbaningrum, Senin (29/5/2023).

Dia menyarankan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu cukup menyampaikan sikap setuju atau tidak setuju, bukan malah memicu kegaduhan di tengah masyarakat.

"Cukup bicara konteks setuju atau tidak, itu perihal perbedaan pendapat yang biasa saja," ucapnya.

Anas lantas teringat pada pengalaman politik Indonesia yang sempat mengalami perubahan sistem pemilu. Saat itu, Indonesia menerapkan sistem proporsional terbuka dengan merujuk putusan MK tanggal 23 Desember 2008.

Putusan tersebut lalu diterapkan pada Pemilu 9 April 2009 dan terbukti berjalan lancar dan tidak ada \'chaos\' politik sebagaimana yang dikhawatirkan publik.

"Maaf, sekadar menuliskan fakta kecil terkait Pemilu 2009 yang juga terjadi pergantian sistem pemilu di tengah jalan. Tidak mungkin beliau lupa atas peristiwa Pemilu 2009 tersebut yang alhamdulillah tidak terjadi \'chaos\' alias baik-baik saja," ucap Anas.[]

Topik Menarik