Badan Pegal Linu Pasca Mudik Lebaran? Redakan dengan 5 Obat Alami Rumahan Ini

Badan Pegal Linu Pasca Mudik Lebaran? Redakan dengan 5 Obat Alami Rumahan Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 3 Mei 2023 - 19:18
share

TUBUH pegal linu dan terasa nyeri, jadi keluhan familiar di periode pasca mudik Lebaran. Pasalnya, perjalanan mudik yang notabene memakan waktu lama, terutama jika lewat darat baik itu dengan transportasi umum atau pribadi memang sangat melelahkan.

Selain itu, tubuh yang terasa pegal, linu, dan nyeri ini selain karena efek perjalanan panjang juga bisa disebabkan kurangnya jam istirahat selama perjalanan atau saat beraktivitas sehari-hari.

Rasa nyeri atau linu diotot, dikatakan bisa juga karena terlalu memaksakan diri atau melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan. Cara mengobati linu dan nyeri otot pada tubuh, seperti di musim pasca mudik Lebaran saat ini bisa salah satunya diatasi dengan obat alami ala rumahan. Seperti apa? Berikut paparan singkatnya berikut ini, dihimpun dari Times of India , The Healthy, dan laman resmi RSUD Kota Sawah Lunto, Rabu (3/5/2023).

1. Jus semangka: Anda tak salah baca kok! Ya, Anda bisa mencoba minum jus semangka. Meski studi yang ada untuk berolahraga, tapi buah ini mengandung asam amino yang disebut L-citrulline, bisa mendukung pemulihan akibat sakit nyeri atau linu.

2. Peregangan: Lakukan peregangan alias stretching, latihan kecil sebagai usaha untuk mengurangi rasa sakit linu atau nyeri badan. Tenangkan kekakuan hanya dengan bangun dan bergerak atau melakukan beberapa peregangan.

Ada penelitian yang menunjukkan strecthing jadi \'pemulihan aktif\' yang efektif dalam membantu meredakan ketegangan dan kekakuan nyeri linu tubuh serta menghentikan rasa sakit lebih cepat.

3. Mandi air panas: Obat alami untuk nyeri otot ini sederhana, cepat, dan mudah. Redakan nyeri otot atau sesak yang dirasa dengan mandi atau berendam air hangat yang sekaligus juga memberikan efek menenangkan.

4. Beras kencur: Beras kencur disebut bisa membantu memulihkan rasa linu dan pegal pada tubuh. Cara konsumsinya, bisa minum beras kencur secara rutin dua sampai tiga kali sehari sampai pegal linu yang dirasakan mereda. Secara general, beras kencur sebagai rempah alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Jahe: Sama seperti beras kencur atau temulawak, jahe berfungsi untuk meregangkan otot-otot tubuh kaku akibat aktivitas fisik berat, atau kelelahan. Bisa mengonsumsi jahe ini dengan cara direbus dengan air, lalu minum air rebusannya secara rutin dua sampai tiga kali sehari sampai pegal linu hilang.

Topik Menarik