Terkenal Nasional dan Religius, Tokoh Muda Sikh Putuskan Dukung pada Capres Ganjar Pranowo

Terkenal Nasional dan Religius, Tokoh Muda Sikh Putuskan Dukung pada Capres Ganjar Pranowo

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 22:43
share

JAKARTA, iNewsSurabaya.id Dukungan terhadap Calon Presiden Ganjar Pranowo terus mengalir. Setelah partai-partai mengusungnya, kini relawan juga berbondong-bondong memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah ini.

Salah satunya adalah Tokoh Pemuda Sikh, Raguwan Singh Sandhu yang menjabat sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat Garda Militan Nusantara (DPP GMN). Ia menyatakan mendukung pencalonan Ganjar Pranowo dalam kontestasi politik 2024 nanti. Dukungan diberikan bukan tanpa alasan. Menurutnya, Ganjar adalah sosok nasionalis dan religius yang rekam jejaknya bersih dari faham dan gerakan radikal.

Menurut saya, sebagai seorang anak bangsa yang peduli akan keutuhan serta kedamaian NKRI, maka Ganjar Pranowo adalah pilihan yang tepat untuk menjadi pemimpin negara ini, karena sosoknya bersih dari rekam jejak hitam politik identitas serta beliau sendiri adalah seorang nasionalis religius, ungkap tokoh yang biasa disapa RS Sandhu itu dalam keterangannya di Jakarta, Senin (1/5/2023).

Dalam kesempatan itu, ia ingin mengajak kaum muda Sikh serta seluruh elemen masyarakat Sikh untuk memilih Ganjar Pranowo pada kontestasi politik 2024 nantinya.

Untuk diketahui bersama bahwa Sikhisme merupakan sebuah agama yang berasal dari India dan sudah ada di Indonesia. Kini, sudah terdapat sekitar 10.000 hingga 15.000 penganut Sikh di Indonesia. Dalam buku Sikhs in Asia Pacific: Travels Among the Sikh Diaspora from Yangon to Kobe, disebutkan terdapat sekitar 7.000 penganut Sikh di Indonesia pada tahun 2017.

Mereka tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Batam, Bengkulu, Pekanbaru, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Yogyakarta, hingga Kalimantan. Sebagian besar diantaranya menetap di Sumatera Utara.

Sekjen Garda Militan Nusantara tersebut menambahkan bahwa Indonesia tengah mengalami krisis toleransi dan keberagaman. Maka dari itu penting untuk memilih pemimpin yang berjiwa nasionalis sebagai pembasmi kaum-kaum intoleran di negara ini, sehingga kerukunan antar pemeluk agama serta tatanan masyarakat yang aman damai warisan para leluhur nusantara bisa tercipta kembali.

Saya mengajak kepada kaum muda Sikh pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya untuk menggunakan akal sehat dengan mengutamakan kepentingan bangsa yang lebih luas. Diantara beberapa opsi nama-nama calon presiden tersebut, domain Ganjar Pranowo patut untuk dipertimbangkan dan direkomendasikan, pungkas RS Sandhu.

Topik Menarik