Tak Perlu Khawatir, Inilah 5 Cara Mengatasi Buta Warna Yang BIsa Kamu Lakukan

Tak Perlu Khawatir, Inilah 5 Cara Mengatasi Buta Warna Yang BIsa Kamu Lakukan

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 23:26
share

AKURAT.CO, Buta warna bisa dialami oleh siapa saja dan umumnya terjadi karena gen bawaan dari orang tua. Buta warna bisa mengurangi kemampuan penderita dalam mengenali sesuatu terhadap warna. Namun tak perlu khawatir, ketahui cara mengatasi buta warna berikut ini.

Dikutip dari beberapa sumber pada Senin (1/5/2023), inilah cara mengatasi buta warna.

5 Cara mengatasi buta warna

1. Menggunakan pencahayaan yang baik

Cara mengatasi buta warna yang pertama dapat kamu lakukan di rumah adalah dengan menggunakan pencahayaan yang baik untuk membantu membedakan warna dengan lebih jelas. Tujuannya agar matamu terbiasa melihat warna lebih detail.

2. Menggunakan lensa kontak atau kacamata khusus untuk membantu membedakan warna

Cara mengatasi buta warna selanjutnya adalah dengan menggunakan tambahan lensa kontak yang bisa membantu kamu untuk melihat warna dan membedakannya.

3. Meminta bantuan keluarga

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi buta warna adalah dengan meminta bantuan keluarga atau teman yang memiliki penglihatan normal untuk membedakan satu warna dengan warna lainnya. Misal dalam memilih makanan atau pakaian.

4. Sering berlatih

Cara yang bisa kamu lakukan berikutnya untuk mengatasi buta warna adalah dengan sering berlatih melihat warna-warna, seperti mengingat warna benda atau warna lampu lalu lintas.

5. Menggunakan aplikasi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi buta warna adalah dengan menggunakan aplikasi khusus pada ponsel atau perangkat digital yang dapat membantu mengidentifikasi warna pada sebuah objek.

Itulah cara mengatasi buta warna yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu!

Topik Menarik