Fakta Unik Hewan Laron, Ini Alasan Suka Berkerumun di Cahaya Lampu

Fakta Unik Hewan Laron, Ini Alasan Suka Berkerumun di Cahaya Lampu

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 17:00
share

JAKARTA, celebrities.id - Pernahkah memerhatikan kebiasaan hewan laron? Biasanya mereka berkoloni atau berkumpul di depan cahaya lampu. Kenapa sih?

Sebuah studi oleh Imperial College London dan Florida International University mengungkap bahwa perilaku serangga ini mungkin merupakan hasil dari interferensi dengan fungsi otak mereka. Serangga pada dasarnya memang tertarik dengan cahaya, namun yang menarik adalah alih-alih terbang langsung ke arah cahaya dengan didahului kepala, rupanya serangga terbang ke cahaya dengan didahului bokongnya.

Hal ini yang membuat banyak serangga berkumpul di sekitar lampu saat malam hari. Mereka bukannya suka, tapi cenderung terjebak dan kebingungan dalam keramaian mereka sendiri, dihimpun dari Ubergizmo, Senin (1/5/2023).

Dalam melakukan studi, para peneliti menggunakan tangkapan gerak beresolusi tinggi dan videografi stereo untuk mengamati berbagai serangga termasuk juga kupu-kupu, capung, dan ngengat di lingkungan laboratorium.

Metode ini memungkinkan para peneliti untuk mempelajari pergerakan serangga secara detail sekaligus menentukan bagaimana serangga bereaksi terhadap berbagai jenis cahaya buatan.

Temuan menunjukkan serangga cenderung tidak terpengaruh oleh lampu yang menghadap ke bawah, yang mana lampu menghadap ke bawah bisa menjadi cara ampuh untuk meminimalisir kedatangan rombongan serangga. Penulis utama studi tersebut, Dr. Barrett Klein mengatakan perubahan dalam mendesain pencahayaan luar ruangan. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan pentingnya mengambil pendekatan untuk memahami alam.

Dengan memahami bagaimana cahaya buatan memengaruhi spesies serangga yang berbeda. Peneliti juga pada akhirnya dapat mulai mengembangkan strategi yang lebih bertarget untuk melindungi populasi yang rentan.

Topik Menarik