Atlet Rusia: Rencana Penyebutan Atlet Netral dalam Olimpiade 'Berlebihan dan Diskriminatif'

Atlet Rusia: Rencana Penyebutan Atlet Netral dalam Olimpiade 'Berlebihan dan Diskriminatif'

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 30 April 2023 - 22:31
share

Komisi atlet Komite Olimpiade Rusia ( Russian Olympic Committee /ROC) mengatakan rekomendasi Komite Olimpiade Internasional ( International Olympic Committee /IOC) untuk mengizinkan atlet Rusia dan Belarus berkompetisi di turnamen berskala internasional sebagai atlet netral "berlebihan dan diskriminatif.

IOC memberikan sanksi kepada Rusia dan sekutunya Belarus setelah Moskow menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Namun, komite tersebut pada bulan lalu merekomendasikan agar atlet mereka diizinkan berpartisipasi di ajang kompetisi internasional, tetapi berstatus sebagai atlet netral.

Rekomendasi tersebut di antaranya menyebutkan atlet Rusia dan Belarusia dapat bertanding tanpa mengibarkan bendera atau melantunkan lagu kebangsaan, sementara atlet yang mendukung perang atau dikontrak oleh militer atau badan keamanan nasional tidak diizinkan berkompetisi.

Pada Maret, Kepala ROC Stanislav Pozdnyakov mengecam rekomendasi tersebut, posisi yang didukung oleh komisi atlet yang diketuai oleh mantan juara Olimpiade 800 meter, Yuriy Borzakovskiy.

Topik Menarik