5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Diabetes, Salah Satunya Hobi Mager!

5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Diabetes, Salah Satunya Hobi Mager!

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 25 Maret 2023 - 04:35
share

SAAT ini diabetes jadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Sebab bisa berakibat fatal bahkan sampai kena amputasi jika luka diabetes tidak dorawat dnegan baik.

Oleh karena itu, kita perlu menghindari kebiasaan yang memicu diabetes. Berikut ini lima kebiasaan yang memicu diabetes seperti dirangkum dari laman Times Now News.

makanan tinggi lemak

1. Konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat

Semangkuk mi instan, burger keju, piza, donat, dan bacon bisanya menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Makanan ini tinggi lemak jenuh dan karbohidrat sederhana yang mudah terurai menjadi glukosa.

Glukosa ini disimpan dalam aliran darah sehingga memaksa pankreas untuk memproduksi terlalu banyak insulin yang mengakibatkan penambahan berat badan.

2. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah salah satu penyebab paling umum obesitas pada wanita. Menurut National Library of Medicine, sebanyak 4080 persen wanita dengan PCOS kelebihan berat badan atau obesitas.

Hal ini terjadi karena kondisi tersebut berdampak pada laju metabolisme yang mengakibatkan kelainan dan peningkatan risiko diabetes dan obesitas.

3. Kurang gerak

Pola hidup kurang aktivitas fisik atau tidak banyak bergerak memberikan peran besar dalam hal obesitas. Seseorang mendapat asupan kalori dari makanan, namun di satu sisi seseorang yang tidak melakukan aktivitas fisik apa pun akan menumpuk lemak.

Lemak yang tertumpuk inilah yang menyebabkan obesitas dari waktu ke waktu. Terlalu banyak duduk di meja kerja atau mengikuti kelas daring adalah penyebabnya. Seseorang harus bangun dari kursi dan berjalan di sekitar lingkungan rumah untuk menjaga tubuh tetap bergerak dan menghindari risiko obesitas.

4. Hobi mager

Gaya hidup sedentari seperti hobi mager atau hobi rebahan dan banyak makan merupakan kebiasaan yang berbahaya. Sebab bisa meningkatkan berat badan, obesitas yang memicu terjadinya penyakit diabetes. Selain itu juga meningkatkan risiko penyakit lain seperti stroke dan jantung.

5. Stres

Emosi dan perubahan suasana hati sering kali memengaruhi pola makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan obesitas hingga diabetes seiring waktu. Kondisi ini juga bisa terjadi karena kebosanan. Namun yang membuat stres makan menjadi perhatian adalah risiko gangguan makan dalam beberapa kasus.

Topik Menarik