Cara Minum Obat Diabetes Saat Puasa: Perhatikan Aturannya Agar Aman dan Lancar Puasamu

Cara Minum Obat Diabetes Saat Puasa: Perhatikan Aturannya Agar Aman dan Lancar Puasamu

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Maret 2023 - 15:58
share

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Selama satu bulan penuh, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa wajib dari pagi hingga maghrib. Namun, bagi penderita diabetes, menjalankan puasa selama sebulan penuh memerlukan perhatian khusus dalam mengatur pola makan dan minum obat, terutama cara minum obat diabetes saat puasa.

Penderita diabetes yang diperbolehkan untuk berpuasa di bulan suci Ramadhan pasti diberitahu dokter cara minum obat diabetes saat puasa. Rata-rata penderita diabetes akan mengalami naik turun gula darah sangat cepat sehingga dibutuhkan cara minum obat yang sesuai.

Pada hari biasa, tentunya tidak ada kendala untuk minum obat sesuai dengan resep maupun dosis dari dokter. Namun, ketika berpuasa maka akan ada perubahan jadwal minum obat. Jadi, bagaimana solusinya?

Cara Minum Obat Penderita Diabetes

Penderita diabetes diketahui akan rutin minum obat khusus, obat ini bekerja untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Beberapa penderita dianjurkan dokter untuk minum secara teratur setiap hari.

Memasuki bulan Ramadhan, dimana umat muslim akan menjalankan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh. Tentu memunculkan pertanyaan, bagaimana cara minum obat diabetes saat puasa?

Lumrah jika pertanyaan ini diajukan karena untuk dosis 3 kali sehari akan bingung jika ada perubahan jam minumnya. Untuk waktu atau jam minum obat diabetes bisa dibuat fleksibel, artinya bisa disesuaikan dengan jam buka dan sahur saat puasa. Pastikan untuk dikonsultasikan dulu dengan dokter mengenai perubahan jadwal minum obat diabetes.

Secara umum ada beberapa aturan dalam cara minum obat diabetes saat puasa yang perlu Anda perhatikan. Berikut penjelasannya.

Obat Golongan Biguanid

Obat diabetes jenis pertama yang umum diresepkan dokter merupakan dari golongan biguanid, contohnya seperti metformin. Metformin umum diresepkan dokter untuk Anda yang menderita diabetes dan dalam kondisi obesitas.

Dosisnya beragam dimana ada pasien yang dianjurkan minum 1 kali sehari, 2 kali sehari, 3 kali sehari, dan 4 kali sehari. Jika di resep dianjurkan 1 kali sehari maka bisa diminum saat buka puasa.

Jika 2 kali sehari maka bisa diminum saat sahur dan saat buka puasa. Jika 3 kali sehari maka bisa diminum saat sahur, kemudian setelah buka puasa, dan terakhir sebelum tidur di malam hari.

Berhubung aturan dosisnya beragam maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Sehingga dosis minumnya pas dan kadar gula darah selama puasa lebih terkontrol.

Obat Golongan Sulfonilurea

Obat diabetes jenis kedua yang sering diresepkan dokter adalah dari golongan sulfonilurea, seperti glibenklamid atau glimepirid. Obat ini bekerja dengan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin.

Aturan minum obat diabetes golongan sulfonilurea saat puasa adalah:

  1. Jika obat ini diminum satu kali sehari, maka sebaiknya diminum saat buka puasa.
  2. Jika diminum dua kali sehari, maka sebaiknya diminum saat sahur dan saat buka puasa.
  3. Jika diminum tiga kali sehari, maka bisa diminum saat sahur, saat buka puasa, dan sebelum tidur di malam hari.

Namun, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis dan jadwal minum obat yang tepat.

Obat Golongan Incretin Mimetics

Obat diabetes jenis ketiga adalah golongan incretin mimetics, seperti exenatide atau liraglutide. Obat ini bekerja dengan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin dan menghambat pelepasan glukagon.

Aturan minum obat diabetes golongan incretin mimetics saat puasa adalah:

  1. Jika obat ini diminum satu atau dua kali sehari, maka sebaiknya diminum saat buka puasa.
  2. Jika diminum lebih dari dua kali sehari, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis dan jadwal minum obat yang tepat.

Obat Golongan Insulin

Obat diabetes jenis keempat adalah golongan insulin, yang merupakan obat paling umum bagi penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang sudah parah. Insulin harus diinjeksikan karena tidak dapat dikonsumsi melalui mulut.

Aturan minum obat diabetes golongan insulin saat puasa adalah:

  1. Jika Anda mengonsumsi insulin cepat atau insulin pendek, maka sebaiknya diminum saat buka puasa.
  2. Jika Anda mengonsumsi insulin intermediate atau insulin basal, maka sebaiknya diminum saat sahur dan saat buka puasa.

Namun, dosis dan jadwal minum obat insulin perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kadar gula darah yang diukur secara teratur selama puasa. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai puasa.

Topik Menarik