Kremlin Disebut Minta Pejabat Rusia Setop Pakai iPhone: Buang, atau Kasih Saja ke Anak-Anak!

Kremlin Disebut Minta Pejabat Rusia Setop Pakai iPhone: Buang, atau Kasih Saja ke Anak-Anak!

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 17:59
share

MOSKOW, iNews.id Para pejabat yang terlibat dalam persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) Rusia 2024 diminta untuk berhenti menggunakan iPhone Apple. Alasannya, Kremlin (Istana Kepresidenan Rusia) khawatir perangkat tersebut rentan dimanfaatkan oleh badan intelijen Barat.

Surat kabar Kommersant melaporkan, instruksi tersebut disampaikan Kremlin dalam seminar yang diselenggarakan untuk para pejabat yang terlibat dalam politik dalam negeri Rusia. Dalam kesempatan itu, Wakil Kepala Pertama Administrasi Kepresidenan Rusia, Sergei Kiriyenko, mengatakan kepada para pejabat agar mengganti telepon mereka paling lambat 1 April 2023.

Semuanya sudah berakhir untuk iPhone: (para pejabat diminta untuk) membuangnya atau memberikannya kepada anak-anak, ungkap Kommersant dengan mengutip salah satu peserta pertemuan tersebut.

Semua orang harus melakukannya pada Maret ini, kata surat kabar itu lagi.

Ketika ditanya tentang masalah tersebut pada Senin (20/3/2023) ini, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, dia tidak dapat mengonfirmasi laporan surat kabar itu.

Ponsel pintar memang tidak boleh digunakan untuk urusan resmi. Ponsel pintar apa pun memiliki mekanisme yang cukup transparan, tidak peduli sistem operasi apa yang dimilikinyaAndroid atau iOS. Secara alami, mereka tidak digunakan untuk tujuan resmi, kata Peskov kepada wartawan.

Saat dimintai komentar oleh Reuters terkait hal itu, pihak Apple belum memberikan komentar.

Menurut Kommersant , Kremlin dapat menyediakan perangkat lain dengan sistem operasi berbeda untuk menggantikan iPhone. Perintah untuk berhenti menggunakan iPhone telah diarahkan pada mereka yang terlibat dalam politik dalam negeriyang menjadi tanggung jawab Kiriyenko.

Presiden Vladimir Putin selalu mengatakan dia tidak memiliki ponsel pintar, meskipun Peskov menyebut pemimpin Rusia itu menggunakan internet dari waktu ke waktu.

Topik Menarik