5 Contoh Teks Persuasi Propaganda dan Struktur Lengkap

5 Contoh Teks Persuasi Propaganda dan Struktur Lengkap

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 6 Februari 2023 - 17:01
share

JAKARTA, celebrities.id - Contoh teks persuasi propaganda nyatanya perlu kamu ketauhui dengan benar dan tepat. Sebab teks satu ini sangat bermanfaat sebagai materi pembelajaran dalam membuat karya tulis.

Teks persuasi propaganda merupakan salah satu jenis teks yang memberikan fungsi untuk menuntun atau mempengaruhi pembaca terhadap suatu opini tertentu. Maka dari itu teks propaganda efektif untuk menggiring para pembaca dan pendengar.

Lantas bagaimana membuat teks persuasi propaganda yang baik dan benar? Berikut Celebrities.id merangkum dari beberapa sumber, Kamis (02/02/2023) terkait 5 contoh tepat teks persuasi propaganda.

Deretan Contoh Teks Persuasi Propaganda

1. Contoh Teks Persuasi Propaganda Singkat

Merokok

Merokok adalah aktifitas yang terbilang negatif. karena rokok membuat seseorang kecanduan dan juga dampak negatif rokok sangatlah beragam, mulai dari kangker, gangguan kehamilan dan janin dll. sedini mungkin hindarilah merokok sebelum benar benar kecanduan.

2. Contoh Kedua Teks Persuasi Propaganda

Pentingnya Sarapan di Pagi Hari

Kebanyakan orang sering melewatkan sarapan di pagi hari karena terburu-buru berangkat bekerja atau sekolah sehingga tidak sempat untuk sarapan, atau karena merasa belum lapar dan tidak terbiasa makan di pagi hari. Padahal sarapan merupakan hal yang paling penting sebelum kita memulai aktivitas di pagi hari, jika kita kekurangan asupan energi di pagi hari maka tubuh akan kekurangan tenaga di siang hari ketika sedang melakukan aktivitas.

Jika kebiasaan tidak sarapan di pagi ini dibiarkan terus menerus maka tubuh akan menjadi mudah lelah. Pekerjaan yang kita lakukan pun tidak akan maksimal, hal ini tentu akan sangat mengganggu pekerjaan. Itulah sebabnya sarapan di pagi hari menjadi bagian penting di hidup kita, asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sayuran, buah-buahan, atau bubur gandum bisa menjadi pilihan sarapan di pagi hari untuk tetap menjaga energi.

3. Contoh Ketiga Teks Persuasi Propaganda

Pemberian Pupuk Organik Terhadap Tanah

Saat ini, banyak lahan pertanian yang semakin tak produktif. Itu lantaran kesuburannya semakin berkurang. Kenapa itu bisa terjadi?

Petani terlalu bergantung pada penggunaan pupuk kimia. Penggunaannya berlebihan dan tak tepat. Dosis pupuk yang mereka berikan tak sesuai anjuran. Pemberian pupuk juga tak berjadwal. Asal saja. Akibatnya, tanah menjadi masam dan strukturnya rusak alias tak gembur lagi.

Penggunaan pupuk kimia haruslah diimbangi dengan penggunaan pupuk organik. Misal kompos, humus, dan kotoran binatang. Pupuk organik tak hanya menambah nutrisi dalam tanah. Tapi juga mampu membuat struktur tanah membaik. Tanah jadi gembur dan oksigen dalam tanah terpenuhi. Karena itu, mulai sekarang hindarilah penggunaan pupuk kimia secara berlebihan.

4. Contoh Keempat Teks Persuasi Propaganda

Sayangi keluarga dan diri kalian dengan Stay at Home

Semenjak pandemi Covid-19 menghantui hidup kita dan membuat masing-masing dari kita menjaga jarak, tetap di rumah, dan tidak bersentuhan dengan orang lain. Dimana penyebaran virus ini tidak hanya berdampak bagi kegiatan dan pekerjaan kita, namun juga berdampak pada berbagai aspek, salah satunya ekonomi. Kita pasti tahu bahwa banyak usaha yang akhirnya terpaksa tutup atau gulung tikar akibat pandemi yang tak kunjung mereda.

Dimana per 13 Januari 2020, tercatat ada 11.278 kasus baru. Jumlah 11 ribu lebih kasus tentunya bukan angka yang kecil bukan ? bayangkan betapa hectic nya saat ini di rumah sakit, dan satu per sama tenaga medis yang juga merindukan keluarga mereka, yang juga manusia sama seperti kita, yang bisa terpapar virus, mulai bertumbangan. Mau sampai kapan hal ini terus terjadi?

Itulah mengapa menahan diri untuk keluar rumah sebisa mungkin kita lakukan, jika tidak benar-benar penting mari tetap di rumah, demi diri kita sendiri, demi keluarga kita, dan demi orang lain. Ada banyak hal kok yang bisa kita lakukan di rumah, nonton drama korea misalnya, atau sekarang jaman sudah canggih, meeting bisa secara virtual, kita juga bisa memperbaharui atau menambah skill dengan ikut kelas online, atau bisa juga quality time sama keluarga kalian. Meskipun dengan menjaga jarak kita tetap bisa kok komunikasi dengan teman-teman kita, tetep bisa saling mendukung dan mendoakan satu sama lain.

Memutuskan untuk keluar rumah untuk sekedar nongkrong-nongkrong apalagi gak dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini merupakan hal yang bisa di bilang egois, kenapa? Karena kita bisa saja tertular oleh orang lain yang mungkin juga tidak tahu mereka membawa virus, dan jika kita membawa virus itu pulang, itu bisa membahayakan keluarga kita, kita tidak bisa menyalahkan siapapun jika hal itu benar terjadi bukan?

Oleh karena itu mari tetap di rumah, dan be safe, agar rantai penyebaran virus ini bisa segera terputus dan pandemi ini bisa cepat hilang untuk kebaikan bersama dan tentunya kita sendiri.

5. Contoh Kelima Teks Persuasi Propaganda

Manusia Adalah Makhluk Sosial

Manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Maksud dari kalimat tersebut adalah setiap manusia saling memiliki rasa ketergantungan dan membutuhkan manusia lain dalam kehidupan kita. Maka dari itu, sebagai manusia sekaligus mahkluk sosial, kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan antar agama, ras, dan suku. Pada dasarnya kita adalah sama yakni anak bangsa, bangsa Indonesia. Mari kita bahu membahu dan hidup dalam kesinambungan agar tercipta Indonesia yang damai dan aman.


Topik Menarik