Nunung `Srimulat` Idap Kanker Payudara, Ini Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi!

Nunung `Srimulat` Idap Kanker Payudara, Ini Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi!

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 15:26
share

KABAR kurang enak datang dari pelawak senior Nunung Srimulat . Ia divonis dokter mengidap kanker payudara.

Melihat ini, tentu banyak hal perlu dipahami masyarakat Indonesia. Makanan apa yang bisa memicu kanker, sekaligus itu jadi pantangan bagi si penderitanya.

Nunung

Menurut Sekjen Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) dr M Yadi Permana, SpB(K)Onk bahwa makanan yang ada pengawet dan dibakar itulah pantangannya.

"Kemudian kalau kita bicara makanan apa yang tidak boleh dimakan bagi penderita kanker, pasti makanan dengan bahan pengawet. Kemudian pengolahan dengan bakar sebaiknya dihindari," jelas dr Yadi dalam Media Briefing Memperingati Hari Kanker Sedunia, Kamis (2/2/2023).

Sehubungan dengan ini, ternyata ada juga makanan yang pro dan kontra seperti konsumsi makanan/minuman mengandung kacang-kacangan (kedelai). Menurutnya, larangan atau pantangan tergantung dengan stadium kanker payudaranya.

Meskipun secara umum, kacang-kacangan juga ada yang mengatakan boleh dikonsumsi. "Kemudian juga dengan makanan yang mengandung kacang-kacangan katanya jangan dikonsumsi oleh penderita, tapi ada juga pendapat lain yang tidak. Tapi sekali lagi itu memang tergantung dari tipe (stadium kanker) payudaranya," pungkasnya.

Sekadar informasi, memanggang atau membakar makanan seperti daging bisa menyebabkan kanker, terutama bila dilakukan di atas api tinggi dan dalam waktu lama. Pasalnya, pembakaran daging ini memicu terbentuknya senyawa heterocyclic amine (HCA) dan policyclic aromatic hydrocarbon (PAH), tergolong sebagai zat karsinogen (penyebab berkembangnya kanker).

"Metode memasak ini tidak menaikkan suhu cukup tinggi untuk membakar daging dan menciptakan senyawa penyebab kanker, kata Ahli Diet Kesehatan Karyawan MD Anderson Lindsey Wohlford, dilansir MD Anderson Cancer Center.

Topik Menarik