Obat Sakit Gigi Paling Ampuh, Gak Cuma Ponstan Lho!

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh, Gak Cuma Ponstan Lho!

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 1 Februari 2023 - 16:50
share

OBAT sakit gigi paling ampuh ini patut diketahui, agar saat sakit gigi Anda bisa mengatasinya. Rasa tidak nyaman akibat sakit gigi jangan dibiarkan, karena dapat mengganggu aktivitas harian bahkan mood.

Laporan Siloam Hospital mencatat bahwa keluhan utama sakit gigi itu adalah sensasi nyeri terhadap panas dan dingin, peradangan dan perdarahan gusi, nyeri hebat yang menjalar ke leher, pundak dan kepala, hingga pembengkakan di area pipi.

Sakit gigi bisa muncul karena banyak faktor. Misalnya akibat karang dan lubang gigi, abses yang merupakan infeksi lanjutan dari gigi berlubang, pertumbuhan gigi bungsu yang tidak sempurna, hingga akibat temporomandibular joint disorder (TMD) atau gangguan sendi rahang yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Jika sakit gigi muncul, pengobatan alami bisa segera dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Misalnya dengan kumur air garam, kunyah cengkeh, kunyah daun jambu biji merah, atau menggigit bawang putih.

Sakit Gigi

"Pengobatan alami itu hanya digunakan sebagai pertolongan pertama meredakan nyeri. Mayoritas penyakit gigi memerlukan penanganan di klinik gigi untuk menghilangkan penyebab utamanya dengan penanganan yang tepat berdasarkan diagnosis dari dokter gigi," terang Dokter Gigi drg Maya Ardiani di laman Siloam Hospital, dikutip MNC Portal, Rabu (1/2/2023).

Bila Anda merasa tidak membaik dengan pengobatan alami, beberapa jenis obat yang dijual di apotek dapat menjadi opsi berikutnya. Berikut ini daftar obat sakit gigi rekomendasi beberapa sumber:

1. Ponstan

Merek obat ini paling sering digunakan untuk sakit gigi. Obat ini mengandung asam mefenamat yang bekerja meredakan sakit dan peradangan.

2. Hidrogen peroksida 3%

Ini adalah antiseptik cair yang bisa dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri serta kuman penyebab terjadinya masalah gigi dan gusi, termasuk sariawan hingga radang gusi.

3. Paracetamol

Paracetamol bisa dipakai untuk sakit gigi. Paracetamol bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin di otak, sehingga mampu menghentikan rasa sakit. Obat ini juga dapat menurunkan demam dan meringankan sakit kepala akibat sakit gigi.

4. Ibuprofen

Ibuprofen juga bisa untuk sakit gigi. Namun, jangan minum ibuprofen saat perut masih kosong karena dapat melukai lambung.

5. Betadine Mouthwash and Gargle

Obat kumur keluaran Betadine ini bisa jadi obat sakit gigi hingga gusi bengkak. Bahkan, obat ini dapat dipakai untuk mengatasi sariawan maupun bau mulut.

6. Cooling 5

Umumnya obat satu ini dipakai untuk menghilangkan bakteri penyebab sariawan. Tapi, karena ada kandungan phenol dan benzocaine Cooling 5 bisa dipakai untuk meringankan rasa sakit, termasuk sakit gigi.

7. Cap Kakak Tua

Obat sakit gigi semi herbal ini dilengkapi dengan kandungan senyawa glycerin, creosote, etanol, dan caryophylli. Obat ini dipercaya efektif mengatasi gusi bengkak.

Topik Menarik