Minum Kopi 20 Gelas Sehari, Andy Lau Justru Tidur Nyenyak! Kok Bisa?

Minum Kopi 20 Gelas Sehari, Andy Lau Justru Tidur Nyenyak! Kok Bisa?

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 21:07
share

AKTOR mandarin Andy Lau baru-baru ini membocorkan salah satu kebiasaan uniknya. Ternyata, ia merupakan sosok penggila kopi. Saking sukanya, ia bahkan mengaku kerap mengonsumsi hingga 20 gelas perhari.

Pengakuan itu Andy Lau ungkapkan saat ia dan Wu Jing, rekannya dalam proyek film The Wandering Earth II, tengah membahas terkait kebiasaan minum sampai bergelas-gelas kopi di lokasi syuting.

Andy Lau

Dalam kesempatan itu, Andy Lau juga menyebut bahwa kebiasaan tersebut dilakukan agar dirinya bisa tidur nyenyak.

"Aku masih minum kopi lebih dari 20 gelas (setiap hari)," ujar Andy Lau dengan santai.

Tak langsung percaya soal meminum 20 gelas kopi per hari, Wu Jing justru menyebut bahwa kopi adalah resep awet muda ala Andy Lau.

"20 gelas? Apakah awet mudamu itu hasil dari ngopi 20 gelas?," ujar Wu Jing disusul dengan sedikit tertawa.

Sudah bukan rahasia umum, bahwa kopi disebut-sebut bisa membuat seseorang lebih terjaga alias tidak mengantuk.

Banyak orang yang sengaja minum kopi agar bisa begadang sampai tengah malam, bahkan sampai pagi untuk mengerjakan tugas atau hanya sekadar untuk nonton bola pada dini hari.

Ya, dampak kopi yang membuat orang terjaga ini banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Bagi penggemar kopi dan bagi orang yang suka begadang, mungkin kopi bermanfaat.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa kopi mengandung kafein. Tidak hanya kopi yang mengandung kafein, tetapi juga dalam teh, cokelat, dan beberapa minuman ringan.

Kandungan kafein inilah yang membuat Anda bisa tetap terjaga walaupun sudah tengah malam. Kafein merupakan jenis obat stimulan yang bekerja sebagai adenosine receptor antagonist.

Andy Lau

Adenosine merupakan sebuah senyawa dalam tubuh yang membuat Anda mengantuk. Nah, kafein menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh sehingga membuat Anda terhindar dari rasa kantuk.

Namun, apakah kopi bisa memberikan efek sebaliknya dimana bisa membuat Anda lebih cepat mengantuk dan tidur nyenyak?

Dalam tubuh Anda ada senyawa bernama adenosin. Bila saraf di otak menangkap dan mengikat adenosin, Anda akan mengantuk dan ingin beristirahat.

Nah, kafein adalah zat yang sifatnya sangat mirip adenosin. Maka ketika Anda minum kopi yang tinggi kafein, saraf Anda justru akan menangkap kafein, bukan adenosin.

Bagi orang-orang yang memang kurang tidur, secangkir kopi sudah tidak berpengaruh lagi pada sistem sarafnga. Hal ini dipaparkan dalam sebuah penelitian dalam konferensi American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society di Amerika Serikat (AS).

Menurut penelitian ini, semakin Anda kurang tidur, tubuh akan memproduksi senyawa adenosin dalam jumlah yang jauh lebih banyak. Gunanya agar otak menangkap sinyal untuk beristirahat. Akibatnya, kafein dalam secangkir kopi akan kalah melawan adenosin dalam tubuh Anda.

Selain itu, jika Anda sudah tidur cukup tapi minum kopi tetap membuat Anda mengantuk, penyebabnya bisa jadi gen dalam tubuh Anda sendiri. Ya, rupanya ada gen khusus yang mengatur seberapa peka sistem saraf Anda terhadap kafein.

Gen ini berhasil ditemukan dalam beberapa penelitian oleh para ahli di seluruh dunia. Salah satunya dari Northwestern University Feinberg School of Medicine di AS.

andy lau hobi minum kopi

Gen dengan kode CYP1A2, AHR, POR, ABCG2, dan CYP2A6 adalah gen yang bertanggung jawab untuk mencerna kafein. Sebelumnya peneliti dari University of Toronto di Kanada juga berhasil menemukan gen-gen tersebut.

Orang-orang yang punya kombinasi sempurna dari gen-gen tersebut mampu mencerna kafein lebih cepat. Maka, efek kopi jadi lebih cepat terasa.

Namun, tubuh sebagian orang justru kesulitan mencerna kafein sehingga meskipun sudah minum kopi masih ngantuk. Pasalnya, tubuh belum selesai mencerna kafein.

Topik Menarik