4 Cara Agar Anak Tak Gampang Sakit selama Musim Hujan

4 Cara Agar Anak Tak Gampang Sakit selama Musim Hujan

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 13:44
share

JAKARTA Musim hujan seperti saat ini, banyak orang mengalami berbagai penyakit, di antaranya influenza atau sering disebut flu. Flu disebabkan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Terkait dengan itu, anak dianggap paling rentan terkena penyakit selama musim penghujan. Maka bagi para orang tua penting mengetahui pola hidup sehat agar anak tak mudah sakit yang disebabkan virus.

Salah satu cara untuk mencegah agar anak tak mudah sakit, di antaranya dengan memperhatikan pola makan dan memperbanyak menu makanan sayuran dan buah-buahan yang berwarna cerah.

"Makanan cerah/berwarna mengandung karotenoid, yang merupakan fitonutrien dapat meningkatkan kekebalan tubuh," kata William Sears, MD, penulis The Family Nutrition Book, dilansir laman Parents .

Lantas bagaimana cara agar anak tak gampang sakit selama musim hujan? Berikut ulasannya.

1. Makan sayur dan buah Bagi anak mengonsumsi buah dan sayur adalah penting, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) agar tidak mudah sakit. Cobalah untuk membuat anak Anda makan lima porsi buah dan sayuran per hari.

2. Kejar vaksinasi Para orang tua juga perlu mengupdate atau up to date perihal vaksinasi untuk anak. Sebagaimana diketahui, vaksinasi bekerja untuk membentuk sistem kekebalan anak, mengenali bakteri dan virus tertentu, sehingga siap untuk melawannya secara lebih efektif.

3. Berolahraga Bukan hanya menjaga asupan makanan anak, tetapi berolahraga juga jadi salah satu hal penting. Bangun kebiasaan olahraga bersama anak, untuk meningkatkan imunitas.

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik, yang juga menstimulasi anak-anak. Sebagaimana melatih sistem motoriknya dan melatih fisik serta komunikasinya.

4. Istirahat cukup Selain berolahraga atau aktivitas fisik dan makan sehat, anak juga perlu beristirahat cukup. Jika tidak cukup tidur setiap malam, lebih memungkinkan untuk sakit, seperti masuk angin.

Sistem kekebalan melepaskan sitokin saat tidur, dikenal sebagai pembawa pesan protein yang melawan peradangan dan penyakit. Tubuh membutuhkan lebih banyak protein saat Anda atau anak sakit atau stres.

(hri)

Topik Menarik