Psikolog Ingatkan Orangtua untuk Tetap Dampingi Anak saat Bermain di Luar Rumah

Psikolog Ingatkan Orangtua untuk Tetap Dampingi Anak saat Bermain di Luar Rumah

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 12:34
share

JAKARTA - Psikolog Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi, mendorong orangtua agar tetap mendampingi anak bila anak sedang bermain di luar rumah.

"Kalau dia (anak) main di luar rumah, pastikan salah satu orangtua atau yang bertanggung jawab mengasuh, ada yang di luar rumah," kata Rose Mini Agoes Salim dikutip dari Antara, Rabu (4/1/2023).

Pendampingan ini penting karena menurut Rose Mini Agoes Salim, masih ada orang tua yang lalai dalam mengawasi anak.

"Orangtua pikir ini anak ada di sekitar rumah, dia (anak) akan tahu kapan dia masuk (ke rumah). Padahal itu (anggapan) salah, apalagi anak main di luar rumah," katanya.

Menurut psikolog yang karib disapa Romi itu, orangtua harus ekstra waspada dalam memantau keberadaan anak, terlebih karena maraknya kasus penculikan anak.

Selain itu, orangtua juga harus mengajari anak untuk membiasakan diri meminta izin atau memberitahu orang tua sebelum melakukan sesuatu, termasuk bila hendak pergi bersama seseorang.

"Kita bilang (ke anak) kalau melakukan apa-apa harus minta izin dulu, kalau mau pergi minta izin ke orang tua. Izin mau kemana, mau melakukan apa, sama siapa, bahkan mau memasukkan sesuatu ke dalam mulut atau apa tidak boleh semau-nya, harus izin ke orang tua," kata Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) ini.

Kemudian pihaknya juga mendorong orangtua agar membekali anak tentang identitas dirinya dan keluarganya.

"Sehingga anak tahu siapa namanya, siapa nama bapak-nya, siapa nama ibunya. Kalau bisa, dia bisa hafal alamat rumah, itu akan lebih baik," kata Romi.

Topik Menarik