8 Langkah Bersihkan RAM Netbook Paling Efisien dan Mudah!

8 Langkah Bersihkan RAM Netbook Paling Efisien dan Mudah!

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 11:55
share

BATU, iNews.id - Hard drive besar, processor oke, kartu diagram cukup, program sedikit, tetapi netbook tetap lamban? Benar sekali, RAM yang kepenuhan sering jadi terdakwa khusus lemotnya sebuah computer alias PC alias netbook.

RAM penuh dapat karena beberapa hal, yang paling penting ialah besarnya (atau jumlahnya) program yang berjalan pada foreground atau latar belakang.

Untuk program foreground (program yang kelihatan) pasti gampang dideteksi. Program seperti software ubah photo, browser, games, atau microsoft word semua makan banyak RAM.

Yang menjadi masalah ialah jika RAM ini dikonsumsi oleh program latar belakang dengan kata lain tidak kelihatan. Banyak macamnya, dimulai dari malware, up-date windows, antivirus, virus, dan banyak yang tidak ada selesainya jika disebutkan satu-satu.

Salah satunya jalan keluar paling sederhana untuk menangani permasalahan ini ialah kosongkan RAM dari beberapa program tidak bermanfaat. Saat sebelum ikuti salah satunya sistem yang disiapkan di bawah, kita akan ulas dahulu pemahaman RAM sebetulnya.

Apakah itu RAM?

RAM ialah ringkasan dari Acak Akses Memori. Ini ialah penyimpanan periode pendek yang percepat akses ke data (daripada akses data ke harddisk).

Contoh, saat kamu buka video memiliki ukuran besar, file video ini tidak di-play langsung dari harddisk, tetapi dipindahkan dahulu ke RAM sebanyak-banyaknya, baru selanjutnya processor ambil beberapa data di RAM ini untuk diolah dan diperlihatkan ke monitor.

Makin besar RAM yang berada di mesin computer, makin bertambah program yang dapat kamu lakukan sekalian tanpa memengaruhi performa keseluruhannya. Saat computer kamu kekurangan RAM, computer akan memakai sisi dari hard drive yang disebutkan Virtual Memori.

Virtual memori ini lebih lamban dari RAM yang sebetulnya, tersebut penyebabnya computer kamu bekerja lebih keras dari umumnya. Lantas bagaimana jika RAM kepenuhan? Teruskan membaca.

Berikut 8 langkah efisien untuk bersihkan dan kosongkan RAM yang terlampau penuh karena beragam tipe program:

1. Re-start Netbook

Ini langkah yang terpopuler, titik. Dengan merestart netbook, kamu akan kosongkan memory RAM dan atur ulangi semua program yang jalan. Meski begitu, me-restart PC cuma kosongkan RAM sementara, dan jika program pemicu penuhnya RAM tidak ditangani (virus, program startup, program latar belakang, sync, dll), RAM akan cepat penuh kembali.

Kamu harus me-restart computer dengan teratur supaya jarang nge-lag, khususnya jika kamu memakainya selama seharian.

2. Matikan Proses yang Tidak Penting

Jika kamu ingin ketahui apa program atau program yang memakai RAM, Windows sudah sediakan langkah ringkas untuk tampilkannya. Untuk menyaksikannya, membuka Task Manajer dengan menelusurinya di Start Menu, atau pakai shortcut Ctrl + Shift + Esc.

Click More detils untuk meluaskan opsi ke pilihan yang lebih komplet jika dibutuhkan. Selanjutnya pada tab Processes, click Memori untuk mengurutkan apa program atau program yang habiskan mayoritas pemakaian RAM.

Untuk info selanjutnya, berpindahlah ke tab Performnce. Pada bagian Memori, kamu akan menyaksikan bagan pemakaian RAM dari hari ke hari. Click Open Resource Monitor pada bagian bawah dan kamu dapat memperoleh info selanjutnya.

Diagram yang ada pada bagian bawah akan memperlihatkan seberapa banyak RAM yang kamu punyai. Sortir menurut Commit (KB) pada daftar paling atas untuk menyaksikan proses mana yang terbanyak memakai RAM pada netbook kamu.

Jika kamu percaya proses pemakan RAM ini tidak dibutuhkan, kamu dapat click kanan lalu click End Process untuk mematikan proses itu. Anjuran kami ada 2: Uninstall, atau hindari proses itu jalan automatis saat computer dihidupkan. Baca lanjutannya di bawah.


Langkah Bersihkan RAM Netbook. (okezone.com)

3. Uninstall Program yang Tidak Penting

Saat ini sesudah kamu ketahui proses apa yang terbanyak memakai RAM, pikir apa kamu betul-betul memerlukannya atau mungkin tidak. Program (dan proses) yang jarang-jarang dibuka cuma akan buang-buang sumber daya RAM di computer, menjadi lebih baik kamu menghapusinya. Kerjakan secara buka Settings > Apps dan click Uninstall pada program apa saja yang ingin kamu hapus.

4. Hindari Program Jalan Automatis saat Startup

Jika kamu tidak mau melepas penempatan program karena teratur memakainya, kamu dapat menghindarinya untuk jalan automatis di latar belakang.

Triknya, masuk ke Task Manajer seperti pada point kedua, tetapi ini kali masuk ke tab Startup, dan disitu akan ada daftar program yang automatis jalan saat netbook dihidupkan. Non-aktifkan program yang menurut kamu tak perlu.

Banyak program yang automatis jalan setiap kamu menghidupkan computer. Sangat tidak efektif jika ini umum terjadi dan aplikasinya jarang-jarang dipakai.

Tetapi kan saya tidak paham apa program ini harus jalan atau mungkin tidak? Betul sekali, untuk check apa program ini harus hidup atau mungkin tidak, masuk ke safe model lalu membuka kembali task manajer. Saksikan apa program itu berada di tab Processes atau mungkin tidak. Jika tidak ada, kemungkinan dia aman untuk dihentikan dari program startup.

5. Pakai Program yang Enteng

Jika kamu betul-betul perlu kurangi pemakaian RAM, kamu memerlukan program yang bisa memonopoli RAM dan meminimalkan pemakaiannya.

Pertama, coba pakai alternative program yang memiliki ukuran lebih enteng. Jika kamu perlu mengubah photo, tetapi Photoshop terlampau berat, coba pakai program ubah photo yang lebih kecil seperti Paint.NET untuk pengoreksian biasa, dan cuma pakai Photoshop untuk proyek berat.

Ke-2 , lihat beberapa program yang sudah kamu membuka. Tutup semua software yang tidak dipakai agar computer bisa bekerja lebih aktif. Bookmark saja tiap tab browser yang ingin kamu baca di lain hari, lalu tutup browser jika tidak dipakai untuk bersihkan RAM.

6. Lebih Memory Virtual

Jika kamu menyaksikan pemberitahuan error jika mekanisme kekurangan memory virtual, kamu bisa menambahkan kemampuannya supaya performa masih tetap konstan.

Untuk membuka, mencari Kontrol Panel pada Menu Start. Alihkan penampilan Category di atas kanan ke Small icons (jika perlu) dan click Sistem. Click Advanced sistem settings yang ada di samping kiri, lalu akan terbuka jendela baru.

Di sini, pada tab Advanced, click Settings yang ada pas di bawah tombol Performnce. Alihkan kembali ke tab Advanced dan click tombol Change.

Saat ini kamu akan menyaksikan kapasitas file paging untuk drive khusus. Sebetulnya, kamu dapat biarkan Windows secara automatis mengurus dan tangani memory virtual. Tetapi, untuk percepat penuntasan permasalahan, kamu kemungkinan perlu atur ukuran awalnya dan ukuran maksimal ke nilai yang semakin tinggi.

7. Scan Malware dan Virus

Sebaiknya mengecek malware dan virus di PC. Malware, virus, atau software buruk yang tidak bersertifikasi bisa mengambil sumber daya RAM dan membuat netbook bekerja lebih lamban.

Kami mereferensikan kamu untuk teratur scan malware dan virus dengan beberapa antivirus pc yang paling dipercaya. Tetapi berhati-hati, sering antivirus tersebut membuat RAM penuh. (check langkah mematikan antivirus)

Trick-nya ialah, install antivirus, scan full 1x, selesaikan malware atau virus yang teridentifikasi, selanjutnya uninstall antivirus. Pakai kembali sekitaran satu bulan selanjutnya, yakinkan saja kamu tidak mengundang virus/malware dari situs bodong atau beberapa aplikasi meresahkan.

8. Install Lebih Banyak RAM

Jika kamu betul-betul kekurangan RAM atau ingin jalankan semakin banyak program sekalian, kemungkinan memanglah tidak ada alternatif lain. Kamu harus lebih RAM. Walau langkah ini sudah pasti mahal, menambah RAM akan memberi performa yang jauh lebih bagus untuk computer kamu.

Langkah ini kemungkinan terlihat sederhana, tapi ruangan terbatas yang ada di netbook akan menyulitkan kamu untuk menambah RAM baru. Saat sebelum memilih untuk beli, sebaiknya kamu pastikan untuk check tipe RAM yang cocok dengan detail computer kamu.

Itulah langkah bersihkan RAM netbook paling efisien dan cepat. Semoga bergna dan bermanfaat!

Topik Menarik