Subvarian Covid-19 BF.7 Sudah Muncul di Indonesia, Hati-Hati Gejalanya Mirip Flu

Subvarian Covid-19 BF.7 Sudah Muncul di Indonesia, Hati-Hati Gejalanya Mirip Flu

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 11:59
share

JAKARTA, iNews.id - Kasus Covid-19 di dunia masih terus mengalami perubahan dengan munculnya berbagai subvarian baru. Salah satu yang menjadi perhatian di dunia yakni munculnya subvarian BF.7 di Cina, dan kini sudah masuk di Indonesia.

Melihat perkembangan varian baru tersebut, Ketua Satgas Covid-19 ikatan dokter indonesia (IDI) dr Erlina Burhan, SpP(K) mengatakan bahwa BF.7 memiliki sifat yang mudah menular. Tentu ini menjadi perhatian semua pihak, terutama masyarakat yang mobilitasnya tinggi.

Namun, dibalik sifatnya yang mudah menular, dr Erlina menyebut BF.7 cenderung lebih ringan gejalanya. Dr Erlina juga mengatakan jika subvarian BF.7 merupakan keluarga Omicron, alias turunan dari varian BA.5 yang tengah mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia.

BF.7 mudah menular tapi gejala klinisnya ringan atau tidak bergejala, ujar dr Erlina kepada iNews.id, belum lama ini.

Dia pun mengingatkan bahwa BF.7 sangat bahaya bila terinfeksi pada lansia. Hal tersebut mengacu pada subvarian BF.7 di China yang justru banyak mengenai para lansia.

Di China, umumnya adalah BF.7 menjadi marak karena menulari lansia. Pada lansia gejalanya berat sehingga perlu perawatan Rumah Sakit, kata dr Erlina

Sehubungan dengan itu, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan gejala dari BF.7 mirip seperti flu. Sebagaimana diketahui, flu biasa menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin. Gejala flu bisa termasuk demam, kedinginan, nyeri tubuh, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kelelahan yang ekstrem.

Gejalanya sangat mirip sekali dengan flu dan sangat mudah menular, kata dr Nadia.

Sekadar informasi, jumlah kasus Covid-19 subvarian BF.7 dilaporkan sudah 15 orang, menurut Nadia seluruh kasus hanya melakukan isolasi mandiri (isoman). Bahkan sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Topik Menarik