Ibu Hamil Wajib Baca! Intip 5 Buah yang Harus Dikonsumsi Selama Mengandung

Ibu Hamil Wajib Baca! Intip 5 Buah yang Harus Dikonsumsi Selama Mengandung

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 05:14
share

MENGONSUMSI makanan sehat dan bervariasi sangat penting selama kehamilan karena nutrisi yang tepat dapat membantu janin berkembang dan tumbuh sebagaimana mestinya.

Selain mendukung pertumbuhan bayi, peningkatan asupan vitamin dan mineral dapat membantu ibu hamil menjaga tubuhnya sendiri dalam kondisi terbaik.

buah yang bagus untuk ibu hamil

Makan banyak buah segar selama kehamilan dapat membantu memastikan ibu dan bayi tetap sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting dan juga merupakan sumber serat yang baik.

Ngemil buah bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan vitamin selain membatasi keinginan mengidam gula. Berikut ini adalah 5 buah terbaik yang ibu perlukan selama kehamilan dilansir dari Medical News Today (3/1/2023)

1. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C, dan E, kalsium, besi kalium, beta karoten, fosfor, silikon.

Semua nutrisi ini membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Zat besi dapat mencegah anemia dan kalsium membantu tulang dan gigi tumbuh kuat.

2. Jeruk

Jeruk adalah sumber yang sangat baik untuk folat, vitamin C, dan air.

Jeruk sangat bagus untuk menjaga seseorang tetap terhidrasi dan sehat. Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Cacat tabung saraf dapat menyebabkan kondisi seperti spina bifida, di mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik, dan anencephaly, dimana sebagian besar otak dan tengkorak hilang.

3. Mangga

Mangga kaya akan vitamin A dan C.

Satu cangkir mangga menyediakan 100 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) vitamin C seseorang dan lebih dari sepertiga dari RDA vitamin A mereka.

Bayi yang lahir dengan kekurangan vitamin A mungkin memiliki kekebalan yang lebih rendah dan resiko komplikasi pascakelahiran yang lebih tinggi, seperti infeksi saluran pernapasan.

4. Pir

Pir menyediakan banyak nutrisi seperti serat, kalium, dan folat.

Mendapatkan banyak serat selama kehamilan dapat membantu meringankan sembelit, serta gejala kehamilan yang umum. Kalium dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung bagi wanita dan bayi dan juga merangsang regenerasi sel.

5. Delima

Delima dapat memberi wanita hamil banyak hal, seperti vitamin K, kalsium, folat, besi, protein, serat.

Delima padat nutrisi dan merupakan sumber energi yang baik, dan kandungan zat besinya yang tinggi membantu mencegah kekurangan zat besi.

Vitamin K juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa minum jus delima dapat membantu mengurangi resiko cedera pada plasenta.

Topik Menarik