Ada 15 Kasus Omicron BF.7 di Indonesia, Waspadai 7 Gejala Ini

Ada 15 Kasus Omicron BF.7 di Indonesia, Waspadai 7 Gejala Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:11
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, varian baru Covid-19 Omicron BF.7 sudah ditemukan di Indonesia. Dia menyebut, di akhir tahun ini sudah ada 15 kasus varian BF.7.

Saat ini sudah ada varian BF.7 ya, jumlahnya sekitar 15 kasus, tidak terlalu banyak, kata Menkes Budi saat ditemui di Jakarta Barat, Kamis (29/12/2022).

Lantas apa saja gejala dari Covid-19 varian baru ini?

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, gejalanya mirip seperti flu. Sebagaimana diketahui, flu biasa menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin.

Gejala flu bisa termasuk demam, kedinginan, nyeri tubuh, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kelelahan yang ekstrem. Iya sama (flu), kata dr Nadia dalam keterangannya diterima iNews.id, Jumat (30/12/2022).

Namun, dr Nadia mengingatkan agar masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, sejauh ini, varian dari BF.7 tidak menunjukkan gejolak peningkatan kasus.

Sebagaimana diketahui, varian yang masih mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia yakni XBB. Varian XBB maupun BF.7 ini merupakan bagian dari keluarga Omicron.

Kita tidak terlalu khawatir karena sejak Oktober ditemukan masih varian XBB yang mendominasi, belum ada tanda peningkatan BF.7, ujar dia.

Topik Menarik