Bukan Cuma Pakai Kondom, Ini 7 Cara Mencegah Kehamilan setelah Berhubungan

Bukan Cuma Pakai Kondom, Ini 7 Cara Mencegah Kehamilan setelah Berhubungan

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 06:47
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi pasangan yang aktif melakukan hubungan intim, pasti tidak semuanya ingin memiliki anak. Namun tak perlu khawatir, ada cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim lho.

Lewat cara tersebut dipastikan pasangan yang aktif berhubungan tidak akan terjadi kehamilan yang belum diinginkan. Mereka juga masih bisa tetap berhubungan intim secara aman dan nyaman.


Nah kali iniiNews.id akan merangkum cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim. Berikut ulasannya dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022).



1. Gunakan kondom
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mecegah kehamilan setelah berhubungan adalah memakai kondom. Pakai kondom saat melakukan hubungan seks. Tak hanya itu, manfaat lain dari kondom adalah mencegah penyakit infeksi menular seksual yang berbahaya.

2 . Hindari ejakulasi di dalam
Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan salah satunya ingatkan pasangan Anda untuk tidak ejakulasi di dalam. Hal itu untuk mencegah sperma bertemu sel telur di dalam rahim. Meski demikian, harus tetap hati-hati karena bisa saja penis lebih dulu mengeluarkan cairan sperma sebelum ejakulasi.

3 . Konsumsi buah nanas muda
Seperti yang sudah diketahui bahwa buah nanas dapat membantuk mencegah kehamilan. Hal itu karena zat yang terkandung di dalam buah nanas dapat melunakan mulut rahim. Seorang wanita bisa konsumsi nanas muda 2-3 hari setelah melakukan hubungan seks.

4. Pakai alat kontrasepsi
Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan memakai alat kontrasepsi. Bila pasangan muda belum ingin memiliki anak tapi aktif berhubungan seksual, bisa konsultasi kepada dokter untuk diresepkan alat kontrasepsi. Biasanya dokter akan memberikan obat hormon progesterone sintetik dalam dosis yang tinggi.

5. Mengikuti sistem kalender subur
Saat akan melakukan hubungan seks, sebaiknya perhatikan kalender masa subur. Jangan melakukan hubungan seks saat masa subur yaitu 14 hari setelah haid. Sebab di masa itu sel terus sangat matang dan siap dibuahi.



6. Minum pil KB
Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan dengan minum pil KB. Ada baiknya sebelum konsumsi pil KB sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa diresepkan obat dan waktu terbaik mengonsumsinya.


7. Makan Buah Pepaya
Banyak yang tidak tahu bahwa buah pepaya bisa mencegah kehamulan lho. Sebab di dalam kandungan buah pepaya khususnya yang muda mengandung zat yang dapat melenturkan dinding rahim. Anda bisa konsumsi buah pepaya sebanyak 3-4 buah dalam durasi dua kali sehari.


Itulah cara mencegah kehamilan setelah berhubungan yang bisa dicoba pasangan suami istri.

Topik Menarik