Cara Mengolah Buah Pinang Muda untuk Pria, Sehat dan Enak Dibuat Jus

Cara Mengolah Buah Pinang Muda untuk Pria, Sehat dan Enak Dibuat Jus

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 13:10
share

JAKARTA, iNews.id - Cara mengolah buah pinang muda untuk pria tidak terlalu sulit dikreasikan. Buah pinang atau Areca catechu (AC) merupakan tanaman yang banyak tumbuh dan mudah ditemukan di Indonesia.

Pinang biasanya diidentikkan dengan orang tua, karena banyak yang menggunakannya untuk menyirih. Aktivitas menyirih ini memang masih cukup kontroversial dikarenakan mengunyah pinang dapat menyebabkan efek stimulus yang sama dengan penggunaan tembakau ataupun kafein.

Selain itu, pinang juga tidak dianjurkan dalam penggunaan jangka panjang dalam dosis tinggi. Hal ini dikarenakan beberapa senyawa pada pinang dapat menyebabkan kanker, mengandung racun, bahkan menyebabkan kematian.

Untuk mendapatkan manfaat dari pinang, selain dikunyah, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuatnya menjadi jus. Di dalam buah pinang terdapat kandungan nutrisi seperti protein, lemak, zat besi, vitamin B kompleks, kalsium, fosfor dan kalium.

Selain itu, buah ini juga memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya sampai di situ manfaat dari kandungan pinang, dikutip dari Lybrate (2/12/2022) pria yang menderita ejakulasi dini dapat memperbaiki kondisinya dengan rutin mengonsumsi buah pinang.

Penasaran ini membuat buah pinang menjadi jus segar? Berikut cara mengolah buah pinang muda untuk pria, dirangkum pada Senin (5/12/2022).

Bahan:

12 pinang muda
1 butir telur bebek atau ayam kampung
1 sachet susu kental manis
1 sachet madurasa
Air panas

Cara membuat:

1. Masukkan bagian isi dari pinang muda dan air hangat ke dalam blender. Giling sampai halus.
2. Sambil menunggu pinang halus, buat campuran untuk ramuan dari telurnya.
3. Pisahkan kuning dan putih telur. Di sini yang akan digunakan adalah bagian kuning saja, kemudian tambahkan satu sachet susu kental manis, dan satu sachet madu dan kocok hingga mengembang.
4. Saring pinang yang telah diblender dan campur dengan ramuan telur, aduk hingga tercampur merata.
5. Jus pinang siap untuk dinikmati.

Bagaimana cukup mudah bukan membuat jus pinang muda? Namun, jika kesusahan untuk membuka pinang, alat yang harus disiapkan adalah palu untuk membantu memberikan tekanan pada pisau ketika membuka buah pinang.

Topik Menarik