11 Ciri-Ciri Kucing Stres, Pemilik Hewan Peliharaan Wajib Tahu

11 Ciri-Ciri Kucing Stres, Pemilik Hewan Peliharaan Wajib Tahu

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 19 September 2022 - 17:38
share

JAKARTA, celebrities.id - Ciri-ciri kucing stres wajib diketahui oleh setiap pemilik. Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami stres. Adapun penyebab stres pada kucing disebabkan berbagai faktor.

Sebagai seorang pemilik, tentunya kamu harus sering memperhatikan kesehatan fisik dan mental si kucing. Pada umumnya, ketika kucing mengalami stres, dia akan memberikan berbagai ciri-ciri. Mulai dari perilakunya sampai fisiknya.

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (19/9/2022) berikut 11 ciri-ciri kucing mengalami stres.

Ciri-Ciri Kucing Stres

1. Tidak Banyak Bergerak

Salah satu ciri kucing yang mengalami stres adalah kurangnya bergerak. Biasnya kucing akan lebih banyak diam meringkuk.

2. Napasnya Berubah Menjadi Lebih Cepat

Jika kucing peliharaan kamu napasnya sudah berubah jadi lebih cepat, perlu diwaspadai. Sebab itu ciri kucing mengalami stres.

3. Matanya Terbuka Lebar dan Pupil Melebar

Perubahan fisik lainnya ketika kucing mengalami stres adalah mata akan terbuka lebar dan pupil akan melebar.

4. Menggeram, Mendesis, hingga Meneteskan air liur

Ketika kucing mengalami stres, bisa memicu timbulnya penyakit, seperti flu. Akibatnya kucing akan menggeram, mendesis hidung dan mata akan terlihat berair hingga meneteskan air liur.

5. Mengalami Kebotakan

Kucing yang stres akan cenderung melakukan grooming berlebihan. Alhasil banyak bulunya yang rontok bahkan mengalami kebotakan.

6. Kencing Sembarangan

Kucing yang mengalami stres juga sering menyemprotkan urin pada barang-barang lain di sekitar rumah, secara tidak sengaja.

7. Agresif

Stres tentunya memengaruhi rutinitas dan pola perilaku kucing, yang tadinya tidak agresif kini berubah menjadi agresif. Terlebih ketika didekati oleh manusia ataupun sesama kucing.

8. Menggaruk dan Mencakar Berlebihan

Menggaruk dan mencakar secara berlebihan juga bisa jadi ciri-ciri stres pada kucing.

9. Tidak Antusias Bermain

Perubahan perilaku yang umum, seperti lebih sering di dalam ruangan atau di kandangnya. Ia lebih suka beristirahat dan tak antusias bermain.

10. Mengeong Berlebihan

Kucing mengeong menang hal biasa, namun perlu diperhatikan jika tiba-tiba kucing kamu mengeongnya terlalu berlebihan. Hal itu bisa saja menjadi sebuah pertanda bahwa sedang terjadi sesuatu kepada si kucing.

11. Tidak Nafsu Makan

Ketika mengalami stres, kucing juga merasa tidak nafsu makan. Oleh karena itu kucing yang sedang stres pasti menyebabkan kehilangan berat badan.

Itulah ciri-ciri kucing stres, bila kucing kamu mulai menunjukkan gejala-gejala di atas, lebih baik segera tanyakan langsung pada dokter hewan.

Topik Menarik