5 Jurusan Kuliah Teknik Paling Diminati di Indonesia, Teknik Mesin hingga Perminyakan

5 Jurusan Kuliah Teknik Paling Diminati di Indonesia, Teknik Mesin hingga Perminyakan

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 22 Agustus 2022 - 06:36
share

JAKARTA - Salah satu jurusan yang memiliki peminat yang banyak dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan adalah jurusan teknik.

Jurusan ini tersedia di berbagai perguruan tinggi dengan berbagai macam kajian keilmuannya. Berikut ulasan beberapa jurusan teknik yang paling diminati di Indonesia.

1. Teknik Mesin

Sebagai salah satu jurusan teknik yang paling diminati, lulusan dari jurusan teknik mesin dibutuhkan dalam beberapa industri.

Adapun peluang karier dari jurusan ini adalah sebagai seorang dosen, research and development, teknisi robot, teknisi dan operator pabrik, dan lain-lain.

Di dalam jurusan ini, mahasiswa akan diarahkan untuk mendalami mengenai mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

2. Teknik Industri

Teknik industri adalah bidang ilmu yang mempelajari mengenai optimalisasi kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan, dan ekonomi.

Dalam dunia karier, sarjana teknik industri dibutuhkan perusahaan dalam mengolah informasi dan bertanggung jawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

3. Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan bidang ilmu yang mendalami serta mempelajari perencanaan, manufaktur, pengelolaan, dan konservasi dari berbagai fasilitas.

Oleh karena itu, lulusan jurusan ini akan menguasai ilmu terkait desain, konstruksi, hingga pemeliharaan lingkungan.

4. Teknik Arsitektur

Jurusan teknik selanjutnya adalah jurusan teknik arsitektur. Dalam jurusan ini, seorang mahasiswa akan belajar untuk mendesain bangunan sesuai dengan nilai fungsi, nilai keindahan, serta nilai keamanan yang dibutuhkan.

Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini dapat memiliki prospek kerja sebagai seorang arsitek, cost estimator, construction documentary, building controller, dan lain-lain.

5. Teknik Perminyakan

Jurusan teknik perminyakan merupakan jurusan teknik selanjutnya yang paling diminati mahasiswa.

Jurusan ini dapat dikatakan sebagai jurusan yang cukup menjanjikan dan berpeluang memberikan gaji yang cukup besar bagi lulusannya.

Mahasiswa akan fokus mengkaji mengenai tambang minyak bumi, panas bumi, serta gas alam dalam jurusan ini.

Topik Menarik