Mahasiswa ITB Bangun Rumah Badak di Pandeglang, untuk Apa?

Mahasiswa ITB Bangun Rumah Badak di Pandeglang, untuk Apa?

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 14 Agustus 2022 - 19:29
share

GenPI.co Banten - Sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) membangun Rumah Baca Digital Kreatif atau Rumah Badak untuk anak di Kabupaten Pandeglang .

Pembangunan Rumah Badak ini dilaksanakan selama empat bulan, yakni pada 23 Maret-8 Juli 2022 di Kampung Sukanagri, Desa Mandalawangi, Kecamatan Mandalawangi , Pandeglang.

Selain itu, di tahun 2020, terdapat 18,56 persen dari 1,2 juta penduduk di Kabupaten Pandeglang tidak menamatkan sekolah dasar (SD) selama pandemi.

Oleh karena itu, pembangunan rumah baca ini dilakukan untuk membantu anak-anak di Pandeglang yang kesulitan akses internet dan pendukung pembelajaran jarak jauh.

Ketua Tim Pengagas Rumah Badak ITB Jihad Fachri Ramadhan mengungkapkan, selama ini banyak ditemukan anak di Pandeglang yang memiih tidak sekolah karena kesulitan akses internet.

Harapannya, Rumah Badak ini bisa meningkatkan literasi digital bagi pengurus dan siswa Sabtu Mengajar serta terciptanya suasana aman dan nyaman untuk belajar dan mengajar, kata Fachri, dikutip dari Antara, Minggu (14/8).

Fachri juga mengungkapkan, pembangunan Rumah Badak memiliki tiga aspek, yakni renovasi interior, pemasangan internet of things (IoT) dan sosialisasi literasi digital.

Adapun IoT yang dipasang meliputi, situs website rumahbadak.id, alat sidik jari, CCTV dan sistem perpustakaan digital.

Nantinya, IoT ini memiliki infrastruktur digital yang terintegrasi melalui cloud computing, kataYogi Prakoso selaku PIC IoT.

Pembangunan Rumah Badak digagas oleh Jihad Fachri Ramadhan B. (FI18), Yogi Prakoso (FI18), Edytha Feodora Christine M. (FI19), Yusria Andesita (DI19), dan Angelina Fajri I. S. (DI19).

Selain itu, pembangunan Rumah Badak ini juga menggandeng Rumah Amal Salman dan Sabtu Mengajar Pandeglang. (ant)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Topik Menarik