Loading...
Loading…
Filosofi Tema dan Logo HUT ke-77 RI

Filosofi Tema dan Logo HUT ke-77 RI

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | BisnisCom | Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:16

Bisnis.com, JAKARTA Tujuh belas Agustus, hari kemerdekaan Indonesia akan segera tiba, sederet persiapan untuk merayakan hari bersejarah ini dilakukan oleh berbagai pihak.

Bukan hanya pemerintah saja, masyarakatpun jadi bagian dari pesta kemerdekaan yang sudah menginjak angka 77 tahun ini.

Pemerintah melalui Panitia Nasional Kemerdekaan RI ke 77 yang dikoordinir oleh Sekretariat Negara mengumumkan tema dan logo resmi HUT 77 RI , sebagai identitas yang dapat dipergunakan untuk semua kegiatan terkait. Pengumuman itu dimuat dalam laman setneg.go.id pada Rabu, (10/8/22).

Gambaran besar identitas visual HUT 77 RI adalah semangat berjuang, bersinergi, harapan baik, pulih bersama, kuat, persatuan bangsa, dan percepatan.

Filosofi Tema HUT 77 RI

Filosofi tema dan logo HUT 77 RI diumumkan Mensetneg dalam pedoman identitas visual 77 tahun kemerdekaan Indonesia. Adapun tema yang diusung pada perayaan HUT RI kali ini adalah Bersama Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Tema ini berkaitan dengan wabah yang melanda Indonesia selama dua tahun terakhir. Pandemi ini menjadi ujian bagi bangsa Indonesia yang menimbulkan permasalahan dan kecemasan di berbagai sector, terutama ekonomi.

Bangsa Indonesia dengan dasar negara Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang diimplementasikan dalam kehidupan, semua elemen masyarakat juga pemerintah bersatu dalam hal ini. Supaya Indonesia mampu mencapai pemulihan yang lebih cepat dan siap bangkit dalam menghadapi tantangan global.

Potongan kalimat dalam pedoman identitas visual 77 tahun kemerdekaan Indonesia menyebutkan, Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat unyuk siap membawa Inonesia maju.

Filosofi Logo HUT 77 RI

Setiap tahunnya, logo yang diusung untuk HUT RI tidak pernah jauh dari warna bendera Indonesia, merah dan putih. Hal ini tentu dimaksudkan karena warna bendera merah putih selain sangat bermakna juga sebagai identitas bagi bangsa Indonesia.

Logo HUT 77 RI berupa dua angka tujuh warna merah, dengan posisi angka tujuh kedua lebih tinggi dari angka tujuh pertama. Tepat disamping logo tersebut ada tulisan tema HUT 77 RI, Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Berikut filosofi logo HUT 77 RI:

1. Percepatan dan Pergerakan

Bentuk dua angka tujuh menyerupai panah yang dimaknai sebagai lambing gerak percepatan serta gerak untuk memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Progres dan Pembangunan

Progres dan pembangunan adalah filosofi dari dua garis mendatar yang membentuk tangga dan mengarah ke atas, artinya progress dan pembangunan di semua sektor.

3. Demokrasi dan Keterbukaan

Ada bagian terpotong pada angka tujuh melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia serta peran Indonesia pada tingkat global untuk bebas bergerak demi pemulihan kondisi dunia.

4. Semangat Juang dan Garuda Pancasila

Bambu runcing memiliki peran yang besar dalam kemerdekaan Indonesia. Maka dalam logo ini garis miring dan sudut runcing adalah implementasi dari bambu runcing dan kepala garuda Pancasila yang melambangkan semangat pejuang untuk bangkit dan menjadi lebih kuat serta tangguh.

5. Sinergi dan Harapan

Dua garis melengkung yang beriringan melambangkan sinergi antara masyarakat dan pemerintah yang bergotong royong untuk memajukan Indonesia.

6. Penghubung antar Bangsa

Sudut yang menghubungkan dua angka tujuh diartikan sebagai peran Indonesia dalam forum G20 yang mempersatukan suara negara-negara maju agar berkontribusi untuk menyelesaikan isu-isu dan tantangan dunia.

7. Persatuan Indonesia

Siluet diantara dua angka tujuh yang menyerupai angka satu melambangkan semangat persatuan semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu, Bhinneka Tunggal Ika.

Original Source

Topik Menarik

{