Loading...
Loading…
3 Jus yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

3 Jus yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Sindonews | Rabu, 03 Agustus 2022 - 22:31

JAKARTA Kolesterol dan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang cukup sering ditemui. Pada pengertiannya, kolesterol bisa diartikan sebagai zat sejenis lemak yang diproduksi oleh organ hati.

Karena berupa lemak, kolesterol ini tidak bisa larut dalam air. Dia mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein. Sama halnya dengan kolesterol, darah tinggi atau hipertensi bisa memunculkan berbagai keluhan dan penyakit berbahaya.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda selalu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Sebagai bentuk pencegahan, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Berikut beberapa jus penurun kolesterol dan darah tinggi yang bisa dicoba :

1. Jus Tomat

Jus tomat memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengelola tekanan darah dan membantu menjaga kadar kolesterol pada tubuh.

Dikutip dari Express UK, meminum jus tomat tawar tidak hanya menurunkan tekanan darah. Tetapi juga bisa membantu pengelolaan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Science and Nutrition, jus tomat secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur.

Selain itu, jus tomat juga kaya akan senyawa yang disebut likopen. Senyawa tersebut bisa meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

2. Jus Jeruk

Jus Jeruk menjadi salah satu minuman favorit di dunia. Secara umum, jus jeruk tinggi nutrisi penting, seperti Vitamin C, folat dan Potasium. Tak hanya itu, jus ini juga tinggi antioksidan. Sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Dikutip dari Healthline, pada berbagai manfaatnya, salah satu yang paling penting adalah meningkatkan kesehatan jantung. Dalam hal ini, jus jeruk berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Sebagai contoh, dalam sebuah penelitian pada 129 orang yang mengonsumsi jus jeruk jangka panjang, hal ini terbukti menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat pada tubuh.

Selain itu, terjadi juga peningkatan kadar HDL atau kolesterol baik yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Terakhir, jus jeruk juga efektif dalam menurunkan tekanan darah diastolik pada orang dewasa.

3. Jus Buah Delima

Jus penurun kolesterol dan darah tinggi yang berikutnya adalah jus buah delima. Sama halnya dengan jus buah lainnya, jus delima mengandung antioksidan seperti polifenol.

Dikutip dari Mayo Clinic, dalam sebuah studi diperkirakan bahwa jus delima bisa memblokir atau memperlambat penumpukan kolesterol di dinding arteri.

Jus buah delima memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari jus lainnya. Dalam hal ini, antioksidan dianggap memberikan manfaat bagi perlindungan jantung, termasuk mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat.

Selain itu, jus buah delima juga bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, pastikan bahwa Anda membuatnya tanpa tambahan gula alias 100 persen murni buah delima saja.

(bim)

Original Source

Topik Menarik

{