Hari Pertama Sekolah, Orangtua Siswa Sampai Gembok Bangku Agar Tidak Direbut

Hari Pertama Sekolah, Orangtua Siswa Sampai Gembok Bangku Agar Tidak Direbut

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 18 Juli 2022 - 13:22
share

INDRAMAYU - Tahun ajaran baru dan hari pertama masuk sekolah, puluhan orangtua di Kabupaten Indramayu Jawa Barat berebut bangku paling depan di kelas pagi ini.

Orangtua dan anaknya bahkan rela berangkat pagi sebelum pintu gerbang sekolah dibuka dan menungguinya karena takut tidak kebagian bangku paling depan.

Tak sedikit dari orangtua murid ini menggembok kursi dan mejanya agar tidak direbut orang lain. Bahkan akibat perebutan tersebut, sejumlah orangtua sempat cekcok.

Puluhan orangtua siswa SDN 4 Kedokan Agung, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu ini datang ke sekolah sejak salat subuh.

Para orangtua yang datang sejak subuh itu hanya untuk untuk menemani anaknya mendapatkan tempat duduk terdepan dan pertama.

Setibanya di sekolah, mereka langsung berhamburan masuk ke dalam ruang kelas. Akibat berebut bangku, sejumlah orangtua berkelahi dengan orangtua murid lainnya.

Menurut seorang orangtua siswa, mereka sengaja berangkat lebih awal dengan harapan anaknya mendapatkan bangku teredepan. Khusus siswa yang baru duduk di kelas 1 SD, orangtua sudah menempelkan nama anaknya di meja dan kursi sekolah bahkan orangtua dan anaknya sampai rela sarapan di ruang kelas.

"Ya kepengin (duduk) di depan, supaya kelihatan (guru)," jelas Turini sang orangtua siswa.

Tradisi berebut bangku memang terjadi setiap tahun ajaran baru dan hari pertama masuk sekolah di Indramayu.

Ada kepercayaan, mendapatkan tempat duduk terdepan akan membuat anak menjadi lebih pintar dan lebih dekat berkomunikasi dengan guru jika anaknya duduk di bangku paling depan.

Topik Menarik