7 Manfaat Minyak Wijen yang Sayang untuk Dilewatkan

7 Manfaat Minyak Wijen yang Sayang untuk Dilewatkan

Gaya Hidup | katadata.co.id | Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:27
share

Apakah Anda pernah memasak menggunakan minyak wijen? Seperti namanya, minyak ini terbuat dari ektrak biji wijen. Minyak wijen diketahui memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat minyak wijen untuk tubuh? Simak menjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Minyak Wijen

Minyak wijen memiliki rasa khas yang tidak berbeda jauh dengan biji wijen. Tak hanya rasanya yang khas, minyak wijen juga diketahui memiliki sederet kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Menurut penjelasan di hellosehat.com , dalam 10 gram minyak wijen terdapat beberapa kandungan nutrisi, sebagai berikut:

Tak hanya itu, minyak wijen juga diketahui memiliki kandungan zat antioksidan, antimikroba, dan antiradang.

Kegunaan Minyak Wijen

Sejumlah kandungan nutrisi yang ada dalam minyak wijen membuat bahan masakan ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Menurut penjalasan di hellosehat.com , berikut beberapa manfaat minyak wijen untuk tubuh yang perlu diketahui.

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Minyak wijen diketahui mengandung banyak lemak, namun 82% lemak yang ada dalam minyak wijen termasuk lemak tak jenuh. Jenis lemak ini diketahui bisa menurunkan kolesterol low density lipopritein (LDL) dan trigliserida yang membuat jantung lebih sehat.

Sebuah penelitian di tahun 2013 membuktikan bahwa minyak wijen lebih ampun untuk menurunkan kolesterol dibandingkan minyak zaitun. Pada studi yang dilakukan terhadap hewan, pemberian minyak zaitun diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mengontrol Gula Darah

Minyak wijen juga dipercaya bisa mengontrol gula darah. Fungsi minyak wijen ini baik untuk penderita diabetes. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition yang melibatkaan 46 penderita diabetes tipe 2.

Pada penelitian tersebut terbukti konsumsi minyak wijen selama 90 hari terbukti mampu menurunkan kadar gula darah puasa dan hemeglobin A1c. Penutunan hemeglobin A1c ini membuktikan bahwa kadar gula darah telah menurun dan menjaadi lebih terkontrol dalam waktu lama.

3. Mengurangi Rasa Nyeri

Minyak wijen diketahui mengandung antiinflamasi yang dipercaya bisa meredakan nyeri sendi, sakit gigi, bahkan nyeri haid. Sebuah penelitian terhadap hewan membuktikan bahwa minyak ini mampu menghambat produksi zat yang menyebabkan peradangan. Walaupun demikian, manfaat minyak wijen yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

4. Meredakan Gejala Artritis

Artritis adalah peradangan pada sendi. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala penyakit ini, salah satunya yaitu dengan menggunakan minyak wijen.

Kegunaan minyak wijen diketahui bisa meredakan gejala artritis karena mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan. Zat antiiflamasi ini mampu meredakan nyeri sendi. Sedangkan zat antioksidan bisa melindungi jaringan sendi dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

5. Menyembuhkan Luka

Tak hanya digunakan untuk memasak, minyak wijen juga bisa digunakan sebagai minyak oles. Kandungan zat antioksidan dan antiinflamasi pada minyak wijen diketahui bisa memulihkan jaringan kulit yang luka. Dengan demikian, mengoleskan minyak wijen di sekitar kulit yang luka bisa mempercepat penyembuhan luka tersebut.

6. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Manfaat minyak wijen berikutnya yaitu membantu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Manfaat ini didukung oleh kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak wijen. Minyak ini bahkan diketahui bisa menangkal sebanyak 30% sinar ultraviolet. Walaupun demikian, belum ada yang bisa membuktikan jangka waktu kekuatan minyak dalam menahan sinar ultraviolet.

7. Memelihara Kesehatan Rambut

Selain memberikan banyak manfaat untuk kulit, minyak wijen juga dipercaya bisa memelihara kesehatan rambut. Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam minyak ini dapat menyehatkan batang rambut dan membuat rambut lebih kuat serta berkilau.

Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara mengoleskan minyak wijen pada rambut dalam kondisi lembap seusai keramas. Oleskan minyak secukupnya agar manfaat yang dihasilkan lebih optimal.

Cara Membuat Minyak Wijen di Rumah

Minyak wijen sebenarnya cukup mudah dicari. Jika Anda datang ke supermarket atau minimarket, Anda bisa menjumpai minyak sehat ini. Namun, membuat minyak wijen di rumah juga tidak sulit. Melansir dari cookpad.com , berikut cara membuat minyak wijen mudah yang bisa Anda praktikkan di rumah.

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan seperti 50 gram wijen putih dan minyak goreng barco satu liter.
  2. Kemudian sangrai wijen sampai berwarna kecoklatan dan mengeluarkan aroma harus, lalu tiriskan.
  3. Haluskan biji wijen yang sudah disangrai menggunakan blender.
  4. Masukkan wijen yang sudah halur dalam wajan kemudian tuangkan minyak goreng barco. Pastikan minyak yang dituangkan memiliki suhu netral alias tidak panas.
  5. Aduk rata kedua bahan tersebut.
  6. Nyalakan api kecil dan aduk bahan tersebut sampai wijen berubah warna atau mengeluarkan aroma harum.
  7. Diamkan sampai minyak dingin dan mengendap.
  8. Saring dengan kain kasa atau kertas saring.
  9. Kemudian simpan minyak wijen dalam tempat tertutup.
Topik Menarik