4 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air di Wajah yang Sudah Berlubang secara Alami

4 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air di Wajah yang Sudah Berlubang secara Alami

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 24 Mei 2022 - 12:20
share

ADA cara mudah menghilangkan bekas cacar air di wajah yang sudah berlubang. Cacar air (chickenpox) adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit ini kerap ditandai dengan ruam kemerahan berisi cairan yang terasa sangat gatal di seluruh tubuh.

Penyakit cacar air pun umumnya dapat sembuh sendiri dalam 2 minggu. Meski begitu, penyakit yang sering menyerang anak-anak ini kerap kali meninggalkan bekas luka pada kulit, tak terkecuali pada area wajah. Bahkan, dalam beberapa kasus, bekas luka hingga berlubang.

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu penampilan dan percaya diri. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar air di wajah yang sudah berlubang? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Shea butter

Shea butter adalah mentega yang berasal dari kacang pohon shea. Shea butter juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air secara alami. Berkat kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi di dalamnya, shea butter mampu melembabkan kulit.

Untuk menghilangkan bekas cacar air, kamu bisa mengoleskan shea butter di area wajah yang terdapat bekas cacar air. Shea butter sendiri bermanfaat menjaga kulit untuk tetap terhidrasi dan kenyal, mengurangi rasa gatal, serta mencegah bekas luka bertambah parah.

Cacar Air

Oatmeal

Tak hanya untuk dikonsumsi, oatmeal juga dapat memberikan manfaat untuk kulit. Beberapa studi menyebutkan bahwa oatmeal mengandung senyawa anti radang dan antioksidan. Maka tak heran, oatmeal kerap kali dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Bahkan oatmeal juga bisa digunakan sebagai penghilang bekas cacar air di wajah.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan oatmeal cukup mudah yakni:

- Terlebih dahulu, siapkan selembar kain tipis dan bersih dan oatmeal kering secukupnya

- Tuang 3 hingga 5 sendok oatmeal pada kain tersebut. Selanjutnya, ikat menyerupai bundel kecil

- Siapkan air yang akan digunakan untuk mandi. Kamu bisa menggunakan air dingin atau air hangat untuk mandi oatmeal

- Masukkan bundel kain berisi oatmeal ke dalam bak mandi dan rendam selama kurang lebih 15 menit

- Kamu bisa membilas tubuh dengan air rendaman bundel oatmeal, atau menggunakan bundel kecil untuk menggosokkan area kulit tubuh yang bermasalah

Topik Menarik