7 Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup | katadata.co.id | Jum'at, 13 Mei 2022 - 16:02
share

Ikan nila termasuk ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ikan yan memiliki nama latin Oreochromis niloticus ini hidup di sekitar sungai dan danau, kemudian dibudidayakan.

Mengutip buku \' Budidaya Ikan di Kolam Terpal \', ikan nila berasal dari sungai Nil di Afrika. Bentuk dan ukuran ikan nila hampir sama dengan ikan mujair. Perbedaannya, ikan nila memiliki garis-garis tegak di tubuhnya, sedangkan ikan mujair tidak.

Ikan nila termasuk hewan omnivora atau pemakan segala. Ikan ini mudah dibudidaya dan berkembang. Di Indonesia ikan nila diolah menjadi lauk digemari, karena rasanya yang lezat serta bergizi.

Ikan nila berkembang biak di usia 1 sampai 2 tahun. Umur 4-5 bulan ikan nila termasuk ikan dewasa. Ketika berumur 1 tahun berat badan ikan nila mencapai 1 kg per ekor.

Kandungan Gizi Ikan Nila

Mengutip dari nilaigizi.com , ikan seberat 100 gram per porsi mengandung gizi penting untuk tubuh. Berikut informasi nilai gizi ikan nila:

Selain itu ikan nila mengandung vitamin B3, vitamin B12, fosfor, dan selenium.

Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Ikan nila memiliki daging yang lembut, gurih, dan renyah. Ikan ini hidup di air payau dan mudah berkembang biak. Ikan nila mengandung zat gizi protein dan lemak yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat ikan nila bagi kesehatan:

1. Rendah Merkuri

Ikan nila sebagian besar dibesarkan di peternakan sehingga rendah merkuri. Ikan ii dirawat di peternakan hingga dewasa. Proses perawatan ikan nila ini rendah merkuri sehingga baik dikonsumsi. Anak-anak dan ibu hamil dapat konsumsi ikan nila sebanyak 8-12 ons per minggu.

2. Mencegah Penuan

Ikan nila mengandung vitamin E dan C yang baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan sel dan paparan radikal bebas. Konsumsi ikan nila dengan benar membantu mencegah penuaan di kulit. Contoh tanda penuaan yaitu keriput, muncul bercak hitam, dan kulit kendur.

3. Mengandung Omega-3

Ikan nila mengandung lemak omega-3 sehat seperti ikan salmon. Lemak omega-3 berperan dalam kesehatan pembuluh darah, jantung, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip dari webmd.com, ikan nila juga mengandung omega-6. Manfaat omega-6 ini membantu mempersiapkan sel-sel otot dan merespon insulin. Hormon insulin membantu mengubah gula menjadi energi. Omega-3 baik untuk mencegah menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

4. Manfaat Protein di Ikan Nila

Protein dalam ikan nila sebanyak 20,08 gram. Kandungan protein ini baik untuk membangun tulang dan otot. Selain itu protein bermanfaat untuk proses pencernaan makanan, menyeimbangkan hormon, menyembuhkan jaringan, dan membantu pemindahan oksigen ke seluruh tubuh.

5. Selenium

Ikan nila mengandung kalium dan selenium yang berperan mencegah kanker, penyakit tiroid, dan jantung. Mineral dalam ikan ini jadi sumber protein harian tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Kalium dalam ikan nila membantu menajaga kesehatan otak. Asam lemak omega-3 ini dapat meningkatkan fungsi otak dan saraf, sehingga ikan nila baik dikonsumsi untuk anak-anak.

7. Menyehatkan Tulang

Ikan nila mengandung mineral untuk nutrisi tubuh. Kandungan mineral ini membantu menjaga kesehatan tulang, membantu proses pembekuan darah, dan kesehatan otot.

Kandungan protein ikan nila bisa dikonsumsi ketika anda menjalani diet. Ikan nila juga rendah lemak dan kalori untuk menjaga berat badan. Anda bisa membuat ikan nila panggang atau kukus, sehingga kandungan gizi ikan tidak berkurang.

Sebelum membeli ikan nila, sebaiknya anda memilih ikan yang masih segar dan bersih. Ciri-ciri ikan nila segar yaitu kulit yang berwarna terang dan jernih. Bagian mata ikan terlihat terang, cembung, dan menonjol. Selain itu bagian insang terlihat berwarna terang, merah segar, dan baunya segar.

Topik Menarik