Loading...
Loading…
4 Tips untuk Merawat Kesehatan Mental, Salah Satunya Berani Bilang Tidak

4 Tips untuk Merawat Kesehatan Mental, Salah Satunya Berani Bilang Tidak

Gaya Hidup | indozone.id | Selasa, 08 Februari 2022 - 14:48

Merawat kesehatan mental sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik. Sebab, mental yang sehat akan membuat aktivitas yang kamu jalani lancar dan bisa meningkatkan kualitas hidupmu.

Mental yang sehat juga akan membuat suasana hati jadi lebih membaik dan mengurangi stres serta gangguan kecemasan. Untuk merawat kesehatan mental, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, berikut ulasannya: 1. Berani bilang tidak

Berani bilang tidak termasuk salah satu tindakan yang bisa kamu lakukan untuk merawat mental. Kemampuan untuk mengatakan 'tidak' erat kaitannya dengan kepercayaan diri.

Orang dengan rasa percaya diri dan harga diri yang rendah seringkali takut menyinggung perasaan orang lain dan sering lebih memprioritaskan orang lain ketimbang dirinya sendiri.

Demi menyenangkan orang lain, mereka rela selalu mengatakan 'ya' dan enggan mengatakan 'tidak' karena merasa tidak enakan. 2. Buat jurnal rasa syukur

Jurnal adalah alat ukur untuk memproses pikiran dan emosi yang kompleks yang bisa mendorong pemikiran positif dan self-talk. Hal ini bisa membantu kamu jadi lebih sadar akan kecemasan depresi.

Dengan begitu, kamu jadi tahu bagaimana harus menjernihkan pikiran dari kekacauan mental, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan kesadaran akan pikiran dan perasaan. 3. Memilih circle yang bisa memberikan energi positif

Baca Juga :
5 Tips Deepika Padukone Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Corona

Dikelilingi circle atauorang-orang yang positif juga turut membantu merawat kesehatan mental kamu. Dengan begitu, kamu tidak punya energi atau ruang untuk hal-hal yang negatif atau beracun.

Buatlah rencana dengan keluarga dan teman yang memberimu energi positif atau cari aktivitas yang memungkinkan kamu bertemu dengan orang baru, salah satunya mengikuti sebuah komunitas. 4. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat fisik dan emosional. Meditasi bisa mengurangi stres, kecemasan dan depresi, meningkatkan kecerdasan emosional serta meningkatkan kualitas tidur.

Selanjutnya, tergantung bagaimana kamu menyesuaikan latihan meditasi, kamu bisa memilih untuk fokus pada domain atau aspek tertentu dari kehidupan yang dijalani. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{