Peringatan Hari Pendidikan dan Hari Menggambar Nasional 2024 di TIB Garut

Peringatan Hari Pendidikan dan Hari Menggambar Nasional 2024 di TIB Garut

Terkini | garut.inews.id | Sabtu, 4 Mei 2024 - 14:30
share

GARUT, iNewsGarut.id Taman Indonesia Bahagia khususnya GLAD (Galeri Lukis Asep Dunia) secara sederhana mengadakan peringatan hari pendidikan dan hari menggambar nasional tahun 2024 yang dicanangkan setiap tanggal 2 Mei.

Asep Chaerulloh pemilik TIB mengatakan, kegiatan ini sebagai peringatan Hardiknas dan hari menggambar nasional 2024. Dimana, imbuhnya, semua perlu memahami antara pendidikan dan menggambar merupakan satu kesatuan yang tidak pernah dipisahkan, secara insting naluriah mengajarkan imajinasi, ekspresi, dan kreasi.

"Kita perlu memahami bahwa menggambar adalah dasar dari pendidikan yang secara insting naluriah mengajarkan bagaimana berimajinasi,berekspresi dan berkreasi,"ungkapnya.

Dalam hal ini, menurutnya, tidak banyak dipahami bahwa menggambar menjadi ibu dari pendidikan dasar, sederhananya sebelum mengetahui sebuah benda atau bentuk.

"Dengan menggambar lebih bisa berbicara dan menjelaskan lebih banyak apa yang dipikirkan apa yang dirasakan dan apa yang diinginkan,"ujarnya.

Peringatan tersebut dilaksanakan TIB pada Sabtu tanggal 4 Mei yang sekaligus sebagai sarana temu kangen para tokoh tunas integritas, yaitu pribadi-pribadi yang bersama sama berjuang membangun budaya integritas di Indonesia. Tunas artinya tujuan nasional, maka Tunas Integritas adalah bagaimana mendorong agar tujuan nasional diwujudkan dengan penuh integritas.

Pada kesempatan itu juga dijadikan sarana untuk mengekspos lukisan model bahagia Baduy Dubai yang dijadikan ikon Taman Indonesia Bahagia. Lukisan besar berukuran 300 x 550 cm. Kebahagiaan adalah ujung dari segala tujuan manusia (Aristoteles), sehingga tujuan nasional perlu memastikan kebahagiaan sebagai indikatornya, apalagi dengan adanya world happy index, yang kebetulan Indonesia masih rendah urutannya didunia.

"Ya kegiatan ini juga jadi kesempatan untuk mengekspos salah satu lukisan model bahagia Baduy Dubai yang menjadi icon disini,"kata Asep.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, tunas integritas yang hadir sebagai simbol, merupakan pejabat dan mantan pejabat yang kehadirannya mewakili tunas integritas secara keseluruhan. Para tunas integritas membaca puisi dari lukisan yang di iringi musik, jadilah musikalisasi puisi lukisan. Beberapa puisi dari lukisan yang ada di GLAD Galeri Lukis Asep Dunia dibacakan.

"Kebetulan yang hadir di kegiatan ini pejabat dan mantan pejabat mewakili tunas integritas. Mereka membaca puisi dari lukisan yang diiringi musik, jadilah musikalisasi puisi lukisan,"jelasnya.

Asep menuturkan, bahwa seni semakin dibutuhkan oleh para pemimpin dalam mewarnai kebijakan dan keputusannya, pada saat mendorong hal tersebut ternyata puisi yang menjadi pilihan, diantaranya pernah diadakan lomba buat dan baca puisi antar komisaris dilingkungan BUMN. Ada juga yang manggung jadi wayang orang. Pada saat pemimpin di minta untuk lebih visioner dan berprinsip (lebih prophetic) maka seni akan membantu.

"Ya karena Kata seni dari bahasa Sansekerta sani yang artinya persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus. Kata seni dari bahasa Belanda genie yang artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir, seperti makna ketiga kata seni dalam KBBI yang berarti genius,"tuturnya.

Dalam kesempatannya Asep menyatakan saat ini dibutuhkan pemimpin dan pejabat yang akan membahagiakan rakyatnya, sehingga wajar perlu memiliki jiwa seni.

"Sebagaimana dasar adanya Taman Indonesia Bahagia untuk menginspirasi para pemimpin terkait kebahagian, dimana mutlak mempunyai integritas yang tinggi dan membangun budaya integritas nasional,"bebernya.

Taman Indonesia Bahagia (TIB) kebanyakan lukisan yang ditampilkan adalah yang pernah dipajang sekitar setahun di terminal 3 Bandar Internasional Soekarno Hatta. Di TIB ditampilkan kembali untuk dapat dinikmati menjadi sarana edukasi atau pendidikan seni untuk semua kalangan, untuk anak anak bisa berenang sambil berkunjung menikmati lukisan.

Selepas kangen kangenan dan baca puisi dilanjutkan makan bersama dan diskusi integrity development center. Sajian khas TIB yaitu LIWEART Abah (Asep Bahagia), yang selalu direkomendasi.

"Selepas semua kegiatan Kami makan bersama sambil diskusi dengan sajian liwet khas Abah yang selalu menjadi rekomendasi, kata yang pernah kesini endol surendol varian penyajiannya akan terus dikembangkan seperti liwet telur gulung, dan lainnya,"ujar Asep.

Sebagai penyambung dengan peringatan hari menggambar maka ekspresi baca puisi dan kebahagian yang hadir dituangkan dalam kanvas dan digambar dalam kertas oleh para seniman yang hadir.

"Dengan seni dan integritas kita pastikan pemimpin yang peduli pada kebahagian rakyat Indonesia,"pungkasnya.

Bagi Anda yang belum tau dimana itu Taman Indonesia Bahagia, TIB beralamatkan di Jalan Wanaraja Kampung Samanggen RT 01 RW 01 Desa Wanajaya Kabupaten Garut.

Selain terdapat galeri lukisan, TIB juga menyuguhkan panorama alam yang sejuk cocok untuk santai sambil diskusi dengan teman, keluarga, maupun yang lainnya.

Diketahui Taman Indonesia Bahagia (TIB) berada Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Garut. Yang mana Desa tersebut menjadi Desa percontohan sebagai Desa Anti Korupsi di Kabupaten Garut.

Topik Menarik