Anggota DPRD Harap Pemkab Garut Bisa Alokasikan Bantuan Untuk Emak Itoh

Anggota DPRD Harap Pemkab Garut Bisa Alokasikan Bantuan Untuk Emak Itoh

Terkini | garut.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 21:00
share

GARUT, iNewsGarut.id – Emak Itoh seorang lansia warga Kampung Babakan Anyar RT 05/05, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Garut, mengalami musibah kebakaran. Rumah beserta isinya hangus dilahap si jago merah.

Peristiwa kebakaran itupun membuat seorang Anggota DPRD Garut fraksi PDI-Perjuangan yakni Yudha Puja Turnawan terenyuh. Adanya laporan musibah itu, Yudha langsung menengok dan melihat ke lokasi kebakaran, Kamis (28/3/2024).

"Hari ini bersama Pemerintah Kecamatan Cikajang, serta Pak Kades Mekarsari Pak Agus Nurjaman, menengok emak itoh yang tertimpa musibah, rumah dan isinya hangus dilahap si jago merah,"ujar Yudha.

Selain itu, kedatangan Yudha untuk menguatkan hati dan meringankan beban korban musibah kebakaran.

"Kedatangan Saya untuk menguatkan hati dan meringankan beban emak itoh dengan memberikan bingkisan sembako dan santunan uang,"ungkapnya.

Akibat musibah ini, jelas Yudha, untuk sementara korban tinggal di salah satu rumah kerabat terdekatnya yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

"Untuk sementara emak itoh tinggal di salah satu rumah kerabatnya masih di kampung yang sama. Dikarenakan rumahnya ludes terbakar api,"jelasnya.

 

Yudha berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bisa mengalokasikan bantuan perbaikan rumah untuk korban yang sudah lanjut usia ini.

"Harapan Saya Pemkab Garut bisa mengalokasikan bantuan perbaikan rumah untuk emak itoh yang sudah sepuh dan baru saja kehilangan tempat tinggal.

"Jika APBD sangat terbatas Pemkab Garut bisa melakukan kolaborasi pendanaan dari CSR atau lembaga pengumpul dana umat seperti BAZNAS atau lembaga Amil Zakat lainnya,"tambahnya.

Dengan melihat kondisi rumah lansia ini, Yudha berharap besar kepada banyak pihak membantu korban agar rumahnya bisa segera dibangun kembali.

"Semoga banyak pihak membantu emak itoh agar beliau bisa segera membangun rumahnya kembali,"pungkasnya.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Desa Mekarsari Agus Nurjaman menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan yang telah menyempatkan waktu untuk melihat warganya yang tertimpa musibah kebakaran.

Menurutnya, pihaknya sudah mengajukan proposal kepada Disperkim maupun Baznas agar korban bisa mendapatkan bantuan untuk membangun rumahnya kembali.

 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Yudha yang telah memberikan bantuan kepada korban. Saat ini Desa sudah mengajukan ke Disperkim juga Baznas agar korban mendapatkan bantuan untuk pembangunan rumah,"ucapnya.

Agus Nurjaman berpendapat Yudha adalah seorang anggota dewan yang sangat dedikasih. Tadi pagi dilaporkan adanya kebakaran ini, walaupun beliau lagi di Cirebon respon cepat langsung melihat ke lokasi.

"Beliau seorang dewan yang berdedikasi tinggi, tadi pagi Saya kasih kabar, beliau langsung merespon cepat walaupun sedang berada di Cirebon,"ujarnya.

"Sekali lagi Saya haturkan terima kasih kepada Pak Yudha, semoga diberikan kesehatan dan selalu diberikan rizky yang berlimpah oleh Alloh SWT,"pungkasnya.

Diketahui peristiwa kebakaran itu terjadi pada Senin malam (25/3/2024) sekira pukul 19.30 WIB. Dimana penyebabnya diduga akibat konsleting listrik. 

Rumah tersebut dihuni oleh 4 orang, salah satunya Emak Itoh seorang wanita yang sudah lanjut usia.

Topik Menarik