6 Tips Nabung Biaya Haji agar Ibadah di Tanah Suci Bukan Hanya Mimpi!

6 Tips Nabung Biaya Haji agar Ibadah di Tanah Suci Bukan Hanya Mimpi!

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Rabu, 29 Mei 2024 - 20:20
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Enam tips nabung biaya haji bisa Anda wujudkan dengan menyimak artikel berikut ini. Menunaikan ibadah haji merupakan bagian dari rukun Islam yang selalu diimpikan banyak umat Muslim di seluruh dunia.

Namun, untuk mewujudkan ibadah haji ini memiliki tantangan yang besar, salah satunya adalah mengumpulkan biaya haji yang cukup untuk berangkat ke Tanah Suci.

Lantas apa saja tips nabung biaya haji yang bisa membantu Anda untuk mewujudkan niat suci tersebut. Berikut ulasannya seperti dikutip dari INews.id, Rabu (29/5/2024).

6 Tips Nabung untuk Biaya Haji

1. Buat Perencanaan Keuangan yang Jelas

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyusun perencanaan keuangan secara terperinci. Lakukan perhitungan untuk mengetahui total biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah haji, termasuk biaya ONH (Ongkos Naik Haji), biaya pengeluaran selama tinggal di tanah suci, serta biaya lainnya.

Setelah itu, ukur kemampuan keuangan Anda dan buat target tabungan perbulan secara realistis.

2. Sisihkan Dana Secara Konsisten

Konsisten untuk nabung biaya haji merupakan kunci utama. Sisihkan dana untuk ibadah haji secara konsisten setiap bulannya, baik uang dari gaji, ataupun penghasilan sampingan dan bonus. Gunakan metode 50/30/20 untuk mengatur keuangan Anda.

3. Gunakan Tabungan Haji Berbasis Syariah

Bukalah rekening tabungan haji di bank syariah terpercaya. Tabungan haji syariah ini pada umumnya akan menawarkan suku bunga yang kompetitif dan terhindar dari riba.

Apalagi, sejumlah bank syariah juga telah menyediakan program pendanaan haji yang bisa membantu Anda mencapai target tabungan biaya haji lebih cepat.

 

4. Gunakan Bonus atau Penghasilan Tambahan

Alokasikan sebagian bonus atau penghasilan tambahan yang Anda dapatkan untuk tabungan haji. Cara ini bisa membantu Anda mempercepat proses pencapaian target tabungan ibadah haji.

5. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Hindari gaya hidup konsumtif yang bisa mengurangi pengeluaran untuk hal yang tidak penting. Biasakan hidup hemat untuk bisa menyisihkan lebih banyak dana untuk tabungan ibadah haji.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Carilah tambahan penghasilan yang bisa mempercepat proses nabung biaya haji. Jika memungkinkan, Anda dapat memulai pekerjaan sampingan, berinvestasi, atau mencoba bisnis kecil-kecilan.

Berapa Dana Naik Haji untuk 1 Orang?

Biaya haji per orang tergantung pada sejumlah faktor, diantaranya seperti jenis haji (reguler atau plus), embarkasi, dan tahun keberangkatan.

Biaya ONH Reguler 2024

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2024, biaya ONH Reguler tahun 2024 telah ditetapkan sebesar Rp93 juta per jemaah. Rinciannya,l adalah 60 persen ditanggung jemaah dan 40 persen sisanya akan dibayarkan pemerintah.

Biaya ONH Plus

Biaya ONH Plus pada umumnya akan lebih mahal daripada ONH Reguler, sebab biaya ONH Plus menawarkan layanan yang lebih lengkap, seperti hotel berbintang hingga waktu tunggu keberangkatan yang lebih singkat. 

Biaya ONH Plus juga bervariasi tergantung pada penyelenggara, akan tetapi pada umumnya berkisar sekitar Rp150 juta hingga Rp300 juta per jemaah.

Tips Tambahan

  • Mendaftar haji sejak usia dini memungkinkan Anda mendapatkan nomor urut antrian lebih awal.
  • Anda dapat mengikuti program pendanaan ibadah haji dari bank syariah atau lembaga keuangan lainnya.
  • Cobalah melakukan investasi halal dan aman untuk meningkatkan dana tabungan haji Anda.
  • Berdoa dan berusaha dengan sungguh-sungguh agar Allah SWT memudahkan jalan Anda untuk menunaikan ibadah haji.

Demikianlah 6 tips nabung biaya haji yang bisa Anda coba. Nabung biaya haji memang membutuhkan waktu dan usaha. Akan tetapi, dengan perencanaan yang matang, konsistensi, dan disiplin, niat suci Anda pasti bisa mencapai tujuan.

 

Topik Menarik